Wisata NTT Ramai Dikunjungi Wisatawan, Ini 31 Daftar Wisatanya

wisata ntt Pulau Alor

Yuk bantu Share keindahan pariwisata Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Wisata NTT menjadi salah satu tujuan yang kerap dijadikan tempat berlibur oleh para wisatawan, karena daya tarik wisatanya yang luar biasa.

Indonesia memang terkenal akan pesona wisata alamnya yang menakjubkan. Nusa Tenggara Timur adalah salah satu tujuan yang jadi primadona wisata Indonesia.

Di Nusa Tenggara Timur Anda dapat dengan mudah menemukan objek-objek wisata menarik yang bernuansa alam. Kekayaan alam di Wisata NTT ini telah lama menjadi tujuan berlibur favorit wisatawan, baik lokal maupun luar negeri.

Di daerah Nusa Tenggara Timur ini banyak terdapat pulau-pulau cantik nan eksotis. Keindahannya bahkan kerap kali disebut layaknya surga dunia, terlebih bagi para pecinta alam bahari.

Wisata Nusa Tenggara Timur
Wisata Nusa Tenggara Timur

Alam Nusa Tenggara memang sangat istimewa dan selalu berhasil mengundang decak kagum siapapun yang mengunjunginya. Beberapa tempat menarik yang punya pesona alam luar biasa di Wisata NTT adalah Gua Cermin, Danau Kelimutu dan Pulau Komodo.

3 lokasi tadi hanya sebagian kecil dari keindahan dan daya tarik alam yang ada di Wisata NTT. Sebelum membahas lebih lanjut tentang lokasi-lokasi wisata di NTT,  Anda perlu tahu dulu informasi tentang provinsi yang satu ini. Jadi provinsi Nusa Tenggara Timur berada di bagian timur Indonesia yang lokasinya dikelilingi oleh lautan.

Kota Kupang Wisata di NTT
Kota Kupang Wisata di NTT

Provinsi ini memiliki ibukota di Kupang yang merupakan pusat dari berbagai kegiatan, mulai dari pemerintahan hingga perdagangan. Kota Kupang ini secara administratif merupakan sebuah kotamadya yang berlokasi di daerah pesisir Teluk Kupang.

31 Wisata NTT yang Bisa Anda Jadikan Rekomendasi Saat Liburan

Kalau membahas mengenai daya tarik wisata NTT rasanya tidak ada habisnya karena di setiap sudut ada saja keindahan alam yang memukau mata.

Kali ini akan dibahas 31 lokasi wisata Nusa Tenggara Timur yang pastinya wajib Anda kunjungi kalau singgah di provinsi ini. Dijamin Anda akan berdecak kagum melihat tempat-tempat eksotis yang ada di NTT ini. Berikut ulasan lebih lengkapnya:

1. Labuan Bajo

Bandara Labuan Bajo
Labuan Bajo

Labuan Bajo ialah salah satu dari sembilan desa serta kelurahan yang terletak di Kecamatan Komodo, Provinsi NTT. Tempat ini dulunya adalah kelurahan sekaligus ibukota bagi Kecamatan Komodo.

Kini, Wisata NTT Labuan Bajo ini telah dikembangkan menjadi sebuah kota. Wilayahnya meliputi Kampung Air, Kampung Ujung, Kampung Tengah, Wae Kelambu, Lamtoro, Cowang Dereng, Wae Medu, Wae Bo, Wae Kesambi, Sernaru, Pasar Baru, Wae Mata, Gorontalo serta Pede.

Kota ini memiliki beragam fungsi strategis, seperti pusat pemerintahan bagi ibukota kecamatan dan kabupaten, institusi pendidikan, pusat perdagangan serta pusat pariwisata. Sektor pariwisata terutama adalah yang paling terkenal, karena banyaknya tempat-tempat di sekitar Labuan Bajo yang jadi incaran wisatawan yang datang berlibur.

2. Pulau Komodo

Pulau Komodo
Pulau Komodo

Kalau pulau yang satu ini pasti Anda sudah pernah dengar sebelumnya. Pulau Komodo merupakan salah satu objek yang sudah terdaftar sebagai satu dari 7 keajaiban dunia yang ditetapkan oleh New 7 Wonders. Pulau ini masuk ke dalam daftar karena keindahan dan keunikannya sebagai habitat asli dari hewan purba komodo.

Wisata komodo ini sudah terkenal tak hanya di tanah air tetapi juga di luar negeri sehingga banyak pula wisatawan asing yng tertarik untuk mengunjungi Pulau Komodo. Di pulau ini Anda bisa menemukan dan melihat komodo hidup bebas. Komodo menjadi salah satu daya tarik utama pulau ini di samping indahnya dataran serta lautnya.

Di pulau ini para pengunjung juga bisa melihat pantai yang sangat cantik dan masih alami. Tidak hanya itu kehidupan bawah lautnya juga sangat menarik untuk dieksplorasi.Aneka terumbu karang dan ikan warna-warni bisa Anda temukan di lautan Pulau Komodo.

3. Pulau Rinca

pulau rinca flores
pulau rinca flores

Dari segi pemandangan alamnya, Pulau Rinca sangatlah mirip Pulau Komodo. Fiturnya termasuk pantai yang indah serta bukit-bukit yang menjulang tinggi. Tanahnya ditutup padang rumput.

Banyak juga ditemukan hewan liar. Sementara di pantainya, tampak speedboat yang terparkir milik pengunjung yang tengah berwisata.

Pantainya juga dilengkapi karang-karang kecil. Jika kita mendaki bukitnya akan dapat disaksikan langit biru yang luas serta suasana tenang.

Liburan panjang dan memuaskan akan dapat dihabiskan di sini. Luasnya kira-kira 18.500 hektar dan menjadi rumah bagi 2000 ekor komodo. Jumlah komodo di sini lebih banyak dibanding Pulau Komodo sehingga kegiatan mengamati komodo akan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

4. Pulau Kelor

Pulau kelor
Pulau kelor

Wisata NTT Pulau Kelor termasuk pulau tak berpenghuni namun tetap sering menjadi tujuan wisata para pengunjung. Kegiatan utama yang bisa dilakukan di sini adalah snorkelling atau sekedar bermain di pantai.

Untuk mencapainya, kita harus menempuh perjalanan selama 30 menit dari Labuan Bajo. Pasirnya lembut serta airnya bersih tanpa ada karang di bawah air. Pengunjung akan betah menyaksikan pemandangan serta menghabiskan waktu untuk bermain air.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan selain snorkelling adalah free diving. Namun karena pulau ini tak berpenghuni, disarankan agar para pengunjung pulang sebelum gelap serta membawa perbekalan sendiri seperti makanan, minuman maupun peralatan snorkeling.

5. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari
Pulau Bidadari

Pulau Bidadari termasuk dalam pulau-pulau kecil yang lokasinya ada di dekat Pulau Komodo. Pulau ini terbilang sangat indah dan tidak dihuni komodo. Konon, ada bidadari yang menjaga pulau ini sehingga tidak ada komodo yang mendekat.

Pengunjung bisa bebas menyusuri pulau dengan tenang dan aman, bahkan tanpa perlu didampingi ranger. Daya tarik utamanya ialah keindahan dari pasir putih, koral, karang hingga beragam jenis ikan di perairannya.

Tanahnya dikelilingi perbukitan, pepohonan hingga pasir putih, sehingga dikenal pula sebagai Pantai Pasir Putih. Pulau ini terutama sangat cocok bagi para snorkeller pemula karena ombaknya kecil. Pantai ini sungguh tenang sehingga dapat dijadikan pilihan dalam menikmati alam.

6. Pulau Padar

pulau padar komodo
pulau padar komodo

Pulau ini berada diantara Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau Padar ini merupakan pulau kecil yang memiliki pemandangan indah.

Pemandangan terbaik bisa didapatkan dari atas bukit yang ada di pulau ini. Anda harus berjalan selama sekitar setengah jam untuk bisa mencapai puncak bukit. Dari atas bukit ini pemandangan yang terpampang begitu indah dan luar biasa.

7. Pulau Kanawa

kanawa labuan bajo
kanawa labuan bajo

Luas Pulau Kanawa kira-kira adalah 32 hektar dengan pemandangan alam menakjubkan layaknya pulau pribadi. Pasirnya putih dan butiran-butirannya halus, air lautnya bening dan terdapat bukit-bukit kecil dilengkapi rerumputan cokelat.

Artikel Terfavorite  KEREN! Pink Beach Labuan Bajo Yang Unik Harus Banget Dikunjungi

Keindahan ini membuat Pulau Kanawa umum disebut sebagai Surga Kecil. Aktivitas paling umum yang dilakukan di sini adalah snorkelling. Pengunjung yang memiliki izin diving juga bisa melakukan diving di sini.

Pemandangan bawah lautnya sangat menakjubkan sehingga sayang untuk dilewatkan. Ada banyak terumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna-warni serta sangat memanjakan mata. Masukkan Pulau Kanawa ke dalam agenda liburan selama berada di NTT untuk mendapat pengalaman luar biasa.

8. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu
Danau Kelimutu

Di Flores terdapat sebuah gunung yang bernama Gunung Kelimutu dan di bagian puncaknya terdapat sebuah danau kawah yang dikenal sebagai Danau Kelimutu. Danau ini terletak di Desa Pemo di Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

Anda bisa menjangkau danau ini dengan menempu perjalanan selama 1,5 jam dari pusat Kota Ende. Danau ini sangat terkenal akan keindahannya.

Danau Kelimutu punya nama lain yaitu danau tiga warna. Nama ini diberikan karena memang air di danau ini terdiri atas perpaduan 3 warna berbeda yaitu warna biru, merah dan putih. Perpaduan ketiga warna tadi menghasilkan tampilan danau yang sangat cantik dan eksotis. Warna air di danau ini pun bisa berubah-ubah pada waktu dan kondisi tertentu.

Ada waktu terbaik yang bisa dipilih untuk berkunjung ke danau ini yaitu di pagi hari tepatnya sekitar subuh. Jika datang di waktu tersebut Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbit yang berpadu dengan indahnya danau, sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan.

Di lokasi ini sudah ada banyak pedagang yang menjajakan makanan dan minuman sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan kalau mengunjungi danau ini.

9. Pink Beach

pink beach flores
pink beach flores

Pantai ini memiliki nama asli Pantai Namo. Nama Pink Beach atau Pantai Merah didapat karena pasirnya berwarna merah muda. Warna ini didapat dari hasil campuran butiran-butiran pasir putih dan serpihan karang merah muda.

Di sini, kita memiliki kesempatan melihat rusa liar. Mereka akan sering berdatangan ke pantai. Karang di pantai ini juga menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil. Pantai ini terbilang unik dan untuk mencapainya juga mudah.

Hanya butuh 20 menit waktu perjalanan dari Labuan Bajo. Walau dapat dijangkau dengan mudah, kita akan tetap butuh navigasi agar dapat mencapainya dengan tepat. Lebih baik jika kita menyewa pemandu. Harganya memang mahal, namun dijamin tidak akan tersesat dan liburan juga semakin aman.

10. Manta Point

Manta Point
Manta Point

Kalau Anda senang dengan aktivitas yang menantang dan seru maka tempat ini wajib Anda kunjungi. Manta Point ini adalah spot menyelam yang merupakan tempat Anda bias menemukan ikan Manta. Ikan ini merupakan ikan pari berukuran besar yang memang banyak terdapat di perairan Labuan Bajo.

Di lokasi ini Anda bisa merasakan berenang dengan kawanan ikan pari Manta. Anda bisa melihat langsung ikan pari ini dari dekat dan bahkan bisa menyentuhnya jika beruntung.

Ikan ini memang terbiasa dengan keberadaan manusia tapi penyelam tetap harus berhati-hati dan waspada serta tidak bergerak secara tiba-tiba agar tidak mengejutkan para ikan manta ini.

Bisa berenang dengan ikan pari Manta adalah pengalaman langka yang tidak bisa dengan mudah Anda dapatkan di tempat lain. Oleh karena itu jangan sampai melewatkan kesempatan langka ini jika berkunjung ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

11. Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin
Goa Batu Cermin

Kali ini masih dengan wisata di NTT bertema alam, kalau Anda bosan dengan pantai tidak perlu khawatir karena ada pilihan wisata goa di Nusa Tenggara Timur. Goa Batu Cermin yang berlokasi di Desa Waisambi di Kabupaten Manggarai ini punya keindahan yang unik dan menarik.

Diperlukan perjalanan yang tidak terlalu jauh yaitu kurang lebih 4 km dari Labuan Bajo untuk bisa mencapai lokasi goa ini.

Lokasi goa ini berada cukup dalam dari pintu masuk. Anda perlu berjalan menyusuri hutan selama kurang lebih 15 menit untuk bisa menjangkau spot goa. Di sekitar lokasi goa ini banyak terdapat pohon bambu di bagian sisi jalan.

Rindangnya pepohonan membuat suaasana trekking menjadi lebih nyaman.

Goa ini memiliki panjang sekitar 200 meter yang di dalamnya terdapat stalaktit dan stalakmit dengan bentuk yang beraneka ragam.

Selain stalaktik dan stalakmit ada pula batu yang berkilau seperti berlian di dalam goa ini. Usut punya usut batu berkilau tersebut terbentuk dari partikel-partikel garam. Fakta ini membuktikan bahwa pulau Flores ini dahulu berada di bawah lautan.

Berjalan lebih ke dalam lagi ternyata masih banyak hal menarik seperti adanya banyak fosil hewan laut yang semakin memperkuat dugaan bahwa pulau ini dulunya ada di dalam laut. Fosil hewan seperi kerang dan penyu bisa ditemukan di goa ini.

12. Taka Makassar

Taka Makassar
Taka Makassar

Taka Makassar adalah salah satu tempat wisata unik di kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau kecil kosong ini hanya akan muncul saat air surut dan menghilang di saat air pasang. Kita bisa mengunjunginya di waktu pagi hingga sore hari.

Bentuknya unik karena mirip angka 9 dan di dasar lautnya terdapat hewan-hewan laut kecil. Pasirnya putih dan lembut sehingga cocok dijadikan tempat bersantai. Mengabadikan momen di sini juga akan menghasilkan foto yang cantik karena latar belakang laut biru serta langit yang luas.

Taka Makassar makin populer setelah banyak wisatawan mengunggah gambar-gambarnya di media sosial.

13. Gili Lawa

Gili Lawa
Gili Lawa

Gili adalah nama lain dari pulau kecil. Di kepulauan Nusa Tenggara memang banyak terdapat pulau-pulau kecil yang tersebar di perairan sekitarnya. Pulau ini ada yang berpenghuni dan ada yang tidak berpenghuni. Ukurannya pun bervariasi antara satu pulau dengan lainnya.

Gili Lawa merupakan pulau yang memiliki pantai indah dan juga padang savana yang luas. Anda bisa melihat keindahan Pulau Komodo dari puncak bukit.

Pemandangan dari puncak bukit ini sungguh menakjubkan berupa hamparan laut berwarna biru yang sangat jernih dengan beberapa gugusan pulau di atasnya. Bersantai di Gili Lawa nampaknya jadi aktivitas yang menyenangkan untuk mengisi liburan.

Artikel Terfavorite  Pulau Flores Suguhkan 7 Tempat Wisata yang Menakjubkan

14. Bukit Cinta

Bukit Cinta
Bukit Cinta

Namanya saja sudah menarik, jika mendengar nama ini yang ada dibayangan Anda mungkin bukit yang sering digunakan muda-mudi untuk bercengkrama dan menikmati suasana. Kalau Anda juga berpikiran begitu maka Anda sedikit keliru karena nama Bukit Cinta ini diambil karena adanya tugu bertuliskan “Love” di bukit ini.

Bukit Cinta brlokasi di Desa Bour di Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata. Pemandangan yang terlihat dari bukit ini sangatlah menakjubkan sehingga banyak dijadikan tujuan wisata. Di atas bukit ini ada tugu bertuliskan “Love” yang menjadi ikon dari objek wisata Nusa Tenggara Timur yang satu ini.

15. Gunung Mutis di Kupang Timur

Gunung Mutis di Kupang Timur
Gunung Mutis di Kupang Timur

Gunung ini berlokasi di Pulau Timor dan sangat cocok untuk Anda yang senang dengan aktivitas pendakian.

Di bagian puncak gunung ini Anda dapat menyaksikan pemandangan yang sangat indah berupa perbukitan hijau yang menakjubkan. Perjalanan pendakian yang melelahkan akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang dapat Anda saksikan begitu sampai di puncak.

16. Pulau Kalong

pulau kalong
pulau kalong

Pulau Kalong terbilang sebagai pulau kecil dan sebagian besarnya tertutup hutan bakau. Hutan inilah yang jadi rumah bagi kalong, sebutan untuk kelelawar berukuran besar. Gelombang pantainya cukup kuat sehingga bermain-main air bukanlah aktivitas yang disarankan, terutama jika kita tidak bisa berenang.

Agak sulit juga jika ingin berkeliling pulau karena adanya hutan bakau. Kegiatan utama yang bisa dilakukan di sini adalah melihat ratusan kalong terbang di malam hari. Mereka akan terbang dalam kelompok untuk mencari makanan.

Uniknya, tidak ada yang tahu ke mana perginya kalong-kalong ini dan di mana mereka mencari makanan. Pagi harinya, kawanan kalong tersebut akan kembali lagi ke habitatnya di Pulau Kalong.

17. Wae Rebo

Wae Rebo
Wae Rebo

Desa tradisional Wae Rebo bisa kita temukan di Manggarai, Flores, NTT Desa kecil ini cukup terisolasi namun diakui karena pembangunan kembali rumah tradisional Mbaru Niang dengan didasarkan pada semangat serta kerja keras masyarakatnya terhadap tradisi mereka.

Wae Rebo terletak di 1100 meter di atas permukaan air laut sehingga udaranya cukup dingin. Desa ini juga dikelilingi pegunungan indah serta hutan Todo yang lebat. Hutan tropis ini kaya akan berbagai macam tumbuhan.

Kita terutama dapat menemukan anggrek dan pakis serta mendengarkan kicauan burung. Menghabiskan waktu di sini akan sangat menyenangkan.

18. Pulau Sebayur

Pulau Sebayur
Pulau Sebayur

Pulau Sebanyur adalah lokasi yang tepat untuk melakukan olahraga air. Kita bahkan tidak perlu membawa sendiri peralatan selam yang dibutuhkan karena resort di sini sudah menyediakan fasilitas lengkap bagi para wisatawan.

Spot menyelam yang terkenal di sini di antaranya adalah Castle Rock, Crystal Rocks, Batu Bolong dan lain-lain. Agar dapat mencapai titik-titik tersebut, kita diharuskan menggunakan kapal lokal dengan kapasitas 10 orang.

Tanah di sini kering karena hanya fokus di laut. Diving terutama adalah kegiatan utama yang jadi incaran wisatawan. Ada juga pengunjung yang melakukan trekking karena banyaknya bukit indah di sekeliling pantai.

19. Pulau Manjarite

Pulau Manjarite
Pulau Manjarite

Letak Pulau Manjarite tak jauh dari Pulau Kelor, kira-kira dibutuhkan waktu tempu 40 menit saja. Pulau ini termasuk dalam deretan pulau tak berpenghuni.

Pada bagian depannya terdapat dermaga sepanjang 30 meter yang biasa dijadikan tempat foto-foto oleh para pengunjung pulau. Daya tarik lainnya ialah air laut dengan warna hijau jernih sehingga sinar matahari akan dapat menembus sampai ke dasarnya.

Kedalamannya antara 4 hingga 5 meter dan kita bisa dengan mudah menemukan aneka ikan serta koral warna-warni. Di sini kita bisa berenang, bermain air, berjalan di sekeliling pulau sampai berfoto-foto di dermaga.

20. Sumber Air Panas Mengeruda

Sumber Air Panas Mengeruda
Sumber Air Panas Mengeruda

Kali ini beralih ke lokasi wisata NTT lainnya yang tak kalah menarik yaitu Sumber Air Panas Mengeruda di desa Piga, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada. Lokasi ini cukup dekat dengan Kota Bajawa yaitu hanya berjarak sekitar 18 km. Jarak tersebut bisa dicapai dengan perjalanan yang menempuh waktu kurang lebih 30 menit.

Air panas yang ada di lokasi ini merupakan air panas alami yang berada di tengah suasana yang masih sangat alami. Tempat wisata di NTT ini berbentuk kolam pemandian yang airnya mengalir langsung dari alam.

Air panas di tempat ini dipercaya dapat mengobati beragam penyakit kulit berkat adanya kandungan belerang di dalamnya.

21. Pulau Seraya

Pulau Seraya
Pulau Seraya

Pulau Seraya mungkin masih terdengar asing, terutama karena tidak sepopuler Pulau Rinca, Pulau Kanawa ataupun Pulau Bidadari. Namun pulau ini juga cukup direkomendasikan sebagai tempat kunjungan wisata kala kita pergi ke NTT.

Pasalnya, letaknya tak terlalu jauh dari Labuan Bajo. Kita bisa menempuh 1 jam perjalanan menggunakan perahu motor untuk sampai ke sana. Biaya sewanya murah, antara Rp300 ribu hingga Rp500 ribu PP.

Jika ingin menginap di bungalow, kita akan dibebaskan dari biaya sewa kapal. Pengunjung hanya akan ditarik biaya sewa kamar per malam seharga Rp250 ribu saja. Di sini juga banyak tersedia restoran yang buka dari pagi hingga malam.

22. Danau Sano Nggoang

Danau ini berada di Desa Wae Sano di Kecamatan Sano, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Danau ini memiliki pemandangan yang indah yang mampu menarik minat banyak wisatawan.

Selain pemandangannya, udara di lokasi ini juga sangat sejuk dan nyaman untuk bersantai di hari libur.

Di sekitar danau ini terdapat banyak pepohonan hijau yang membuat suasana di sekitarnya menjadi asri dan sejuk. Pemandangan danau yang berwarna biru kehijauan juga sangat indah apalagi kalau dilihat di sore hari ketika matahari terbenam.

23. Puncak Gunung Mbeliling

Puncak Gunung Mbeliling
Puncak Gunung Mbeliling

Gunung Mbeliling atau yang dikenal juga sebagai Gunung Galo ialah gunung paling tinggi di Manggarai Barat. Ketinggiannya adalah 1300 meter di atas permukaan air laut dan menjadi rumah bagi ribuan flora dan fauna, termasuk burung gagak khas Flores.

Jika kita ingin menjelajah sampai ke puncaknya, tidak dipungut biaya besar. Akan tetapi, tentunya dibutuhkan sarana dan prasarana yang tidak murah untuk bisa mendaki gunung.

Termasuk di antaranya adalah pemandu yang akan membantu agar kita bisa sampai di puncak dengan selamat. Setidaknya siapkan dana sekitar Rp1 juta untuk semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan ini.

Artikel Terfavorite  Pulau Rinca Destinasi Unik Saksikan Komodo Dari Dekat

24. Air Terjun Cunca Rami

Air Terjun Cunca Rami
Air Terjun Cunca Rami

Cunca Rami berarti air terjun hutan dalam bahasa Flores. Nama ini sangat cocok karena lokasi air terjunnya memang dikelilingi hutan rindang. Letaknya ada di kawasan hutan tropis Mbeliling. Air terjun ini terutama akan bisa dijangkau mulai dari gerbang pintu pendakian menuju Puncak Mneliling.

Kondisi jalannya cukup bagus dan bisa ditempuh dengan kendaraan sewa sejauh 30 km dari Labuan Bajo. Sampai di pintu wisata Cunca Rami, akan ada banyak penduduk lokal yang menawarkan jasa sebagai pemandu.

Ketinggian air terjunnya sendiri mencapai 30 meter dan debit airnya cukup deras. Pengunjung harus memiliki tenaga ekstra apabila hendak trekking di sini.

25. Air Terjun Tujuh Tingkat Oehala

Air Terjun Tujuh Tingkat Oehala
Air Terjun Tujuh Tingkat Oehala

Berlokasi di Desa Oehala di Kecamatan Mollo Selatan di Kabupaten Timur Tengah Selatan air tejun ini cukup terkenal dan jadi primadona. Lokasi air terjun ini bisa dicapai dengan menempuh perjalanan sekitar 11 km dari Kota SoE. Air Terjun ini cocok untuk Anda yang senang dengan suasana alam yang asri dan sejuk.

Air terjun ini punya tingkatan-tingkatan yang terlihat menyerupai tangga. Tingkatan ini yang membuat tampilan air terjun menjadi semakin indah dan menawan.

Suara gemericik air serta sejuknya udara pegunungan adalah pilihan yang sangat tepat untuk menyegarkan pikiran dan tubuh dari suasana kota yang biasa ditemui sehari-hari. Anda pun bisa merasakan kesegaran air terjun ini dengan bermain air di sekitar air terjun.

26. Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang
Air Terjun Cunca Wulang

Air terjun ini lokasinya cukup tersembunyi yaitu di antara Ruteng dan Labuan Bajo tepatnya di Desa Wersawe, Kecamatan Mbeliling di Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur. Perjalanan yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi ini adalah kurang lebih 40 menit perjalanan dari Labuan Bajo.

Sesampainya di pintu masuk Anda bisa memarkir kendaraan. Perjalanan tidak sampai di situ saja, dari lokasi parkir kendaraan Anda masih harus trekking selama kurang lebih 45 menit untuk bisa sampai di lokasi air terjun ini. Sebaiknya Anda menggunakan jasa pemandun untuk membantu Anda mencapai lokasi air terjun dengan mudah dan tidak tersesat.

Meskipun perjalanan yang harus ditempuh cukup jauh, pemandangan yang akan tersaji di depan mata Anda benar-benar akan membuat Anda kagum dan melupakan semua rasa lelah setelah trekking yang panjang.

Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang indah. Air di lokasi ini pun berwarna kebiruan dan sangat jernih, benar-benar sebuah perpaduan yang luar biasa menakjubkan.

27. Air Terjun Waikelo Sawah

Air Terjun Waikelo Sawah
Air Terjun Waikelo Sawah

Selanjutnya adalah air terjun yang masih berlokasi di Nusa Tenggara Timur yaitu Air Terjun Waikelo Sawah. Air terjun ini berada di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur di Kabupaten Suma Barat Daya. Air terjun ini mempunyai pemandangan yang sangat indah.

Keindahan air terjun ini tidak biasa dan tidak mudah Anda temuakn di lokasi lain. Air terjun Waikelo Sawah ini mengalir keluar dari sebuah mulut goa dan di sekitar goa ini Anda dapat melihat rindangnya hutan dengan aneka pepohonannya.

Lokasi Wisata NTT air terjun ini memang sangatlah cantik dan sangat menarik untuk dikunjungi. Anda tidak perlu khawatir kalau ingin langsung mengungi lokasi ini karena asksesnya cukup mudah. Dijamin Anda akan terpana dengan keindahan alam dan air terjun lengkap dengan suasana yang sangat sejuk dan hijau.

Selain punya daya tarik wisata rupaya air terjun ini juga difungsikan sebagai sumber energi PLTA. Aliran air di air terjun ini rupaya dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

28. Air Terjun Tanggedu

Masih dengan wisata NTT air terjun, kali ini beralih ke air terjun di daerah Desa Tanggedu, Kanatang, Sumba Timur. Lokasi ini berada sejauh kurang lebih 45 kilometer dari Kota Waingapu di Sumba Timur. Air Terjun ini punya keindahan yang unik dan berbeda dari air terjun lainnya.

Di Air Terjun Tanggedu ini terdapat banyak bebatuan yang membuat pemandangan menjadi semakin cantik. Air terjun ini terdiri atas beberapa aliran air yang melalui sela-sela bebatuan. Air di lokasi ini sangat jernih dan bersih sehingga sangat menyenangkan untuk Anda berbasah-basah ria.

29. Pantai Batu Biru

Pantai Batu Biru
Pantai Batu Biru

Pantai yang satu ini sangat unik dan berbeda dari pantai-pantai lainnya. Seperti namanya, di pantai ini memang terdapat banyak batu-batu koral yang berserakan. Uniknya, batu-batu koral tersebut berwarna biru dan terlihat sangat cantik.

Tidak hanya keberadaan batu-batu koral biru yang menjadi daya tarik wisata di pantai ini, tetapi pemandangan yang indah dengan paduan panorama perbukitan di sekitarnya juga jadi alasan wisatawan datang ke pantai ini.

Pantai yang berlokasi di Desa Penggajawa, Nangapanda, Wisata NTT Flores ini punya air laut yang berwarna biru jernih yang masih sangat bersih. Suasana di sini sangat cocok untuk bersantai ditemani dengan angin sepoi-sepoi dan suara deburan ombak yang menenangkan.

30. Pantai Lasiana Kupang

Pantai Lasiana Kupang
Pantai Lasiana Kupang

Pertama mari menengol indahnya Pantai Lasiana yang merupakan salah satu destinasi wisata NTT yang sudah tersohor. Pantai berpasir putih ini berlokasi di Kupang dan memiliki pemandangan yang sangat indah.

Di pantai Lasiana Anda akan menemukan hamparan pasir putih yang bersih tanpa adanya karang-karang di sekitarnya. Lokasi pantai ini tepatnya ada di Kelurahan Lasiana, Kupang Tengah. Anda perlu menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 12 km dari pusat kota untuk bisa mencapai pantai yang satu ini.

Pantai ini cocok untuk lokasi bersantai bersama keluarga, sahabat ataupun pasangan. Di sore hari Anda bisa bersantai di tepi pantai sambil menikmati indahnya pemandangan matahari tebenam yang tersaji di depan mata.

31. Pulau Alor

wisata ntt Pulau Alor
Pulau Alor

Ke Nusa Tenggara Timur tentu belum lengkap tanpa singgah menikmati keindahan pantai-pantainya. Masih dengan wisata NTT bertema laut, kali ini beralih ke sebuah pulau di bagian ujung timur dari Kepulauan Nusa Tenggara yaitu Pulau Alor.

Pulau ini juga cukup terkenal dan menjadi favorit para pengunjung. Para penyelam pasti akan sangat menyukai lokasi ini karena ada 18 titik penyelaman terbaik dengan keanekaragaman terumbu karang yang luar biasa indahnya.

Para wisatawan asing yang berasal dari berbagai negara kerap kali menyebut lokasi penyelaman di Pulau Alor ini sebagai Baruna’s Dive Sites at Alor. Tempat ini memang sangat disukai wisatawan lokal maupun asing karena keindahan alamnya.

Indahnya laut jernih dengan air kebiruan dengan beragamnya biota laut di bawahnya menjadikan lokasi ini digadang-gadang sebagai salah satu spot terbaik di dunia untuk menyelam. Tidak bisa dianggap berlebihan memang karena keindahan di pulau ini terbukti mampu membius banyak pengunjungnya.

Nusa Tenggara Timur memang menyimpan banyak sekali pesona wisata yang sangat pantas untuk Anda datangi. Menjelajah Nusa Tenggara Timur tidak bisa dilakukan hanya dalam beberapa hari saja. Usahakan untuk bisa menyisihkan waktu untuk mendatangi lokasi-lokasi di atas kalau Anda berkunjung ke Wisata NTT.

Share agar temanmu tahu keindahan wisata ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Wisata yang lagi HITS! Coba Yuk :)

Hubungi kami dan dapatkan penawaran spesial di Komodo

Artikel Menarik Lainnya :)