Pulau Rinca Destinasi Unik Saksikan Komodo Dari Dekat

pulau rinca flores

Yuk bantu Share keindahan pariwisata Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Pulau Rinca – Banyak sekali orang yang merencanakan perjalanan wisata ke berbagai tempat seperti halnya Nusa Tenggara Timur. Provinsi ini merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat mengagumkan.

Salah satu pulau yang ada di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Rinca, dimana pulau ini merupakan wisata yang ada di daerah Taman Nasional Komodo.

Pulau ini merupakan salah satu pulau yang terdapat di Kabupaten Manggarai Barat, yang termasuk dalam jajaran pulau besar di wilayah ini. Letak pulau sangat berdekatan dengan wilayah pulau Komodo, sehingga tidak heran apabila banyak sekali komodo yang ada di pulau rinca labuan bajo ini.

pulau rinca flores
pulau rinca flores

Ketika berkunjung ke sini maka ada banyak sekali panorama alam yang bisa dinikmati secara langsung. Untuk itu maka akan sangat penting mengetahui terlebih dahulu panorama alam yang ada di sekitar pulau cantik ini. Agar bisa menikmati liburan dengan maksimal.

Ketahui Lokasi Pulau Rinca Flores Yang Menawan

Pulau Rinca
Pulau Rinca

Bagi yang ingin berkunjung ke komodo rinca tour maka perlu mengetahui lokasi atau letak dari pulau itu sendiri. Pulau ini sebenarnya dekat dengan pulau Wisata Komodo tetapi lebih dekat dengan Labuan Bajo.

Untuk itu maka ketika ingin menuju ke pulau ini lebih baik dari arah Labuan Bajo sehingga akan lebih cepat. Pulau ini memiliki Puncak tertinggi di Gunung Doro Ora yang ketinggian kurang lebih 670 mdpl.

Sebenarnya binatang di Pulau ini tidak hanya Komodo saja akan tetapi ada cukup banyak jenis binatang seperti halnya burung, babi liar, dan kerbau. Di tempat ini cukup banyak satwa liar yang dijaga dengan baik karena tempatnya sangat asri dan aman untuk kenyamanan satwa tersebut.

Sebenarnya untuk menjangkau tempat ini ada beberapa pilihan jalur track dimulai dari trek pendek hingga trek yang panjang. Untuk pemilihan track bisa dilakukan sendiri oleh Anda, sehingga bisa sesuai dengan kemampuan serta kondisi fisik diri masing-masing.

Anda bisa menikmati pemandangan yang luar biasa selama menempuh jalur trekking. Pemandangan yang bisa dinikmati seperti perbukitan yang dipadukan dengan hamparan birunya laut.

pulau rinca labuan bajo

Ketika musim kemarau maka Bukit akan berwarna kuning karena mengalami kekeringan. Sementara ketika musim hujan maka Bukit akan kembali menumbuhkan pepohonan dan rerumputan sehingga berwarna hijau rindang.

komodo rinca tour

Salah satu pemandangan khas yang dimiliki oleh Pulau ini yaitu puncak bukit yang sangat indah, dan bisa dinikmati selama perjalanan. Tempat ini sangat memanjakan mata para pengunjung sehingga banyak sekali yang ingin berlama-lama di tempat wisata ini.

Perlu diketahui bahwa di Pulau ini menawarkan kepada Anda untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar, dengan melakukan program penanaman tumbuhan bakau.

Dan yang paling unik dari program ini yaitu menuliskan nama sendiri pada bibit yang akan ditanam, sehingga ketika pohon itu besar nantinya akan tertulis nama orang yang menanamnya. Hal ini tentu saja sangat menarik dan membuat Anda semakin antusias dalam melestarikan lingkungan sekitar.

Akses Menuju Lokasi Wisata Komodo di Pulau Rinca

Ketika ingin menuju ke Pulau Rinca NTT ini maka Anda harus mengetahui akses untuk menuju lokasi ini agar lebih mudah. Atau Anda bisa berwisata ke sni bersama wisata Plus, yang siap menemani perjalanan wisata Anda di Pulau NTT ini.

Perjalanan awal dimulai dari Labuan Bajo menggunakan kapal sewa. Transportasi yang demikian tentu merupakan sesuatu yang sangat menarik dan banyak orang yang ingin mencobanya.

Artikel Terfavorite  Tempat Wisata Komodo, Salah Satu Fakta Ini Wajib Anda Tahu

Selain itu Anda bisa menggunakan jasa atau layanan agen travel yang sudah menyediakan paket tour seperti Wisata Plus. Dari Labuan Bajo hingga Pulau ini biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam jika melalui jalur laut dan kemudian berakhir di dermaga.

Dermaga di pulau Rinca itu sendiri bernama Dermaga Loh Buaya. Ketika sampai pada pos penjagaan kemudian pengunjung dipandu oleh ranger untuk bisa menelusuri dan melihat habitat Komodo di pulau tersebut.

Pemandangan di Pulau Rinca Komodo

Berikut ini merupakan beberapa penjelasan terkait dengan pulau ini.

  • Habitat Kadal Raksasa Purba
komodo
komodo

Setiap orang pasti tahu binatang komodo yang bentuknya menyerupai kadal raksasa purba. Ternyata komodo tinggal di pulau ini dengan kelompoknya. Adanya komodo di pulau ini dikarenakan jarak pulau Rinca dengan pulau Komodo yang cukup berdekatan.

Bahkan pulau ini masih termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari arah Labuan Bajo, untuk bisa sampai ke Pulau Rinca ini.

Ketika berada di tempat ini maka bisa secara langsung melihat habitat kadal raksasa yang langka ini. Tidak perlu khawatir karena pengunjung akan dipandu oleh seorang ranger atau pemandu apabila di perjalanan bertemu dengan kadal raksasa.

Perlu diketahui bahwa komodo ini merupakan reptile liar yang sangat buas ketika menemui pengunjung, sehingga sangat dibututuhkan seorang ranger.

Karena ketika komodo dalam keadaan lapar, maka akan menyerbu mangsa. Untuk itu, ketika menjelajahi pulau ini maka sangat dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi, karena binatang komodo sangat mudah untuk dijumpai. Dan jika tergigit oleh komodo, maka bisa menyebabkan berpindahnya bakteri dari gigi komodo ke tempat gigitan.

  • Pantai Pasir Putih

Perlu diketahui bahwa di Pulau Rinca ini terdapat pantai pasir putih yang sangat indah. Bagi yang suka dengan pantai pasir putih maka tidak perlu khawatir, karena ketika berkunjung ke pulau ini bisa menikmati keindahannya.

Pantai di sini pun memiliki pemandangan dan pesona yang sangat luar biasa sehingga akan memanjakan para pengunjung.

Dengan demikian maka tidak hanya di Pulau Komodo saja yang memiliki pantai pasir putih, akan tetapi juga di pulau ini karena memang pada dasarnya kedua pulau ini berdekatan.

Pantai ini memiliki debur ombak yang sangat mengalun terutama ketika cuaca di pantai sedang bersahabat. Ketika siang hari saat matahari bersinar dengan terik maka pasir putih akan terlihat berkilau seperti kristal sehingga akan tampak lebih indah dari biasanya.

Banyak para pengunjung yang sengaja datang ke pantai ini untuk berjemur sembari menikmati pesona di sekitar pantai. Bagi orang-orang yang mengunjungi pantai tentu akan merasa betah dan ingin berlama-lama bermain di sekitar pantai ini.

  • Padang rumput gersang

Ternyata di Pulau Rinca terdapat pemandangan yang sangat indah berupa padang rumput gersang yang sangat luas. Perlu diketahui bahwa padang rumput ini merupakan tempat yang menutupi sebagian besar dari pulau ini sehingga begitu menakjubkan.

Meskipun padang rumput gersang ini berwarna coklat, akan tetapi mampu memberikan kesan pemandangan yang begitu menarik seperti halnya di Padang Savana yang begitu luas.

Jika ingin menikmati Padang Savana ini dengan puas maka bisa menikmatinya dari atas bukit sehingga setiap sudut keindahan dan kecantikan dari pulau ini bisa dinikmati secara sempurna. Dan Ketika dilihat dari atas bukit tentu akan terlihat jauh lebih indah berkali-kali lipat.

Artikel Terfavorite  Bandara Labuan Bajo Pintu Masuk Saksikan Satwa Komodo

Para pengunjung akan menikmati pemandangan yang berupa perpaduan antara lautan biru dan Padang Savana serta barisan bukit yang cukup terjal dan gersang. Tempat ini sangat cocok bagi orang-orang yang ingin berlibur bersama pasangan atau keluarga.

Di padang rumput gersang ini sangat cocok dijadikan sebagai latar belakang mengambil gambar sehingga bisa mendapatkan hasil jepretan yang begitu bagus.

  • Puncak Bukit

Ternyata Pulau Rinca memiliki sejuta pesona yang sangat luar biasa salah satunya adalah puncak bukit. Tidak hanya Pulau Padar saja yang mempunyai puncak bukit ulang, karena di pulau ini juga memiliki relief bukit yang sama. Pada dasarnya ada cukup banyak puncak bukit di daerah ini sehingga akan membentuk panorama yang sangat indah.

Bagi yang penasaran dengan panorama Pulau ini maka bisa melihat secara keseluruhan dari puncak bukit ini. Bagi yang suka dengan petualangan dan tantangan maka tempat ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk dinikmati.

Untuk mencapai puncak bukit tentu tidak bisa dilakukan begitu saja karena harus melalui jalur pendakian serta trek yang sudah ada.

Anda tidak perlu khawatir karena jalur pendakian tidak begitu sulit dan untuk mencapai puncak pun tidak membutuhkan waktu yang lama hingga berhari-hari. Hanya memerlukan waktu beberapa jam saja untuk bisa sampai di Puncak.

Akan tetapi ketika akan melakukan pendakian maka Pilihlah track yang sesuai dengan kemampuan sehingga bisa menghemat tenaga dan waktu. Dengan demikian maka bisa menikmati keindahan tempat yang lainnya.

Apabila sudah sampai di bukit maka akan ada hamparan padang rumput yang sangat menakjubkan. Berbagai pemandangan alam menjadi perpaduan yang sangat luar biasa sehingga membuat orang-orang merasa betah.

Pemandangan ini membentuk landscape yang ikonik dan sangat cocok bagi orang-orang yang ingin menghabiskan waktu liburan. Ketika melakukan pendakian di waktu sore maka salah satu pemandangan indah yang bisa disaksikan adalah Sunset.

Senja dengan langit yang berwarna jingga mampu memanjakan mata ketika berada di jalur pendakian menuju puncak bukit. Ketika Menikmati keindahan pemandangan Sunset dari puncak bukit maka tidak kalah bagusnya dengan Sunset yang biasa dilihat di pantai. Rasa lelah ketika melewati jalur pendakian akan terbayarkan dengan pesona keindahan luar biasa dari puncak.

Fasilitas di Lokasi Wisata

Apabila mengunjungi tempat wisata ini maka akan mendapatkan fasilitas yang bisa memenuhi kebutuhan. Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini antara lain adalah warung makan, toilet, dan homestay.

Perlu diketahui bahwa Home Stay ini Lokasinya ada di sekitar pos penjagaan sehingga sangat mudah untuk dijangkau. Namun sangat disarankan bagi pengunjung untuk memenuhi persediaan makanan selama tracking karena panas matahari cukup terik.

Tempat Wisata Alam Edukasi dan Petualangan

Bisa dikatakan bahwa Pulau Rinca ini merupakan salah satu pulau yang menjadi tempat edukasi bagi orang-orang yang ingin mengetahui berbagai hal terkait dengan suaka. Dengan mengunjungi tempat ini maka para pengunjung bisa mengetahui bagaimana bentuk dari binatang Komodo atau kadal raksasa yang langka.

Tidak hanya sebagai tempat untuk melakukan edukasi terkait dengan binatang-binatang langka, tempat ini lebih condong sebagai tempat wisata alam dan petualangan yang sangat keren.

Artikel Terfavorite  Pulau Padar Tebarkan Pesona Menakjubkan Yang Wajib Anda Kunjungi

Pasalnya para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Bukit maka bisa melakukan pendakian yang cukup melelahkan. Bagi yang suka dengan wisata alam dan petualangan maka Pulau ini menjadi sangat cocok untuk dipilih.

Tempat Pemotretan Keren

Perlu diketahui bahwa Pulau Rinca ini merupakan salah satu pulau yang sangat eksotis dengan berbagai perpaduan pemandangan yang indah. Tidak heran jika banyak orang yang juga melakukan pemotretan di sini. Tidak bisa dipungkiri bahwa panorama alam di wilayah ini begitu menakjubkan terutama di padang rumput gersang yang sangat luas.

Bagi fotografer yang ingin mengambil gambar keren maka bisa memilih tempat ini menjadi lokasi pemotretan. Lokasi wisata Pantai Pasir Putih juga menjadi salah satu ikon terbaik di pulau ini. Perlu diketahui bahwa air laut di Pulau ini berwarna biru karena merupakan pantulan dari warna langit.

Pasir putihnya sangat berkilau dan tentu sangat cocok dijadikan sebagai lokasi pemotretan yang begitu eksotis. Pada intinya pemandangan alam yang ada di lokasi ini benar-benar menakjubkan dan memiliki poin plus ketika dijadikan sebagai background pemotretan. Tidak diragukan lagi untuk hasilnya karena akan sangat keren.

Bagi yang ingin berlibur bersama keluarga di tempat wisata ini maka merupakan pilihan yang sangat tepat. Perlu diketahui bahwa lokasi ini cukup jauh dari hiruk pikuk kebisingan dan polusi sehingga akan memberikan ketenangan dan kenyamanan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa tempat wisata yang ada di pulau ini menjadi daya tarik bagi setiap orang yang ingin melakukan kunjungan wisata. Tempat ini juga sangat instagramable sehingga bagi yang suka posting foto liburan di akun Instagram maka wajib mengambil foto ketika berlibur ke tempat wisata ini.

Apalagi Pulau Rinca ini merupakan salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur yang memiliki banyak sekali nilai lebih dan belum banyak orang yang mengetahuinya.

Dengan mempublikasikan Pulau ini melalui media, maka akan membantu untuk mengekspos keberadaan Pulau ini dan menjadi salah satu ikon yang menarik di Indonesia.

Habitat Asli di Pulau Rinca

Sebenarnya hewan yang ada di Pulau Rinca ini tidak hanya Komodo tapi ada juga hewan lainnya yang dijadikan sebagai penyeimbang dari ekosistem. Tidak hanya itu karena sebagian dari hewan tersebut merupakan mangsa dari Komodo sehingga Komodo bisa bertahan hidup dengan alami. Misalnya adalah rusa, kerbau, dan babi hutan, di mana sebagian dari binatang tersebut merupakan makanan dari Komodo.

Di Pulau ini juga terdapat pesona khas Indonesia Timur yang sangat alami sehingga membuat para pengunjung terpana melihatnya. Hal ini tidak lain adalah terkait panorama alam yang sudah dijelaskan di atas.

Dengan mengunjungi langsung pulau ini maka bisa mengetahui habitat asli yang ada di pulau ini sehingga akan mengetahui dan mengeksplor lebih dalam lagi.

Dan tidak bisa dipungkiri bahwa Pulau ini hampir sama dengan Pulau Komodo dimana memiliki poin plus yang cukup menarik perhatian pengunjung. Bagi pengunjung yang mendatangi Pulau ini juga perlu untuk berpartisipasi dan ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan berbagai cara.

Perlu diketahui bahwa untuk mengunjungi tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini tentu membutuhkan persiapan yang tidak sedikit. Untuk itu sebelum keberangkatan usahakan untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan matang dan baik.

Anda bisa mengambil paket wisata maupun tidak karena pilihan ini terserah pada Anda. Namun usahakan ketika akan melakukan kunjungan wisata ke Pulau Rinca ini, persiapkan budget sebaik-baiknya serta perlengkapan yang akan dibawa.

Sebenarnya Pulau ini selalu dipantau untuk terus di explore dan dibangun sehingga bisa menjadi tempat wisata yang menarik perhatian pengunjung. Dan diharapkan bahwa Pulau ini menjadi salah satu tempat yang menjadi destinasi wisata yang diminati oleh banyak orang.

Karena nyatanya kini pengunjung yang berdatangan ke lokasi wisata yang ada di Pulau Rinca tidak hanya wisatawan domestik, akan tetapi juga wisatawan asing atau mancanegara yang ingin mengetahui seluk beluk tentang Pulau ini dan seisinya.

Share agar temanmu tahu keindahan wisata ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Wisata yang lagi HITS! Coba Yuk :)

Hubungi kami dan dapatkan penawaran spesial di Komodo

Artikel Menarik Lainnya :)