Pulau Padar Tebarkan Pesona Menakjubkan Yang Wajib Anda Kunjungi

labuan bajo pulau padar

Yuk bantu Share keindahan pariwisata Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Pulau Padar labuan bajo NTT sering disebut sebagai surga tersembunyi yang ada di timur Indonesia. Pulau dengan pesona dan panorama alam yang begitu indah menyita banyak perhatian para petualang.

pulau padar
pulau padar

Pulau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo ini sering masuk dalam daftar destinasi impian wisatawan dari berbagai daerah. Sebelum merencanakan liburan kesini, Anda sebaiknya tahu mengenai beberapa fakta dari tempat wisata pulau padar yang menakjubkan ini.

Fakta Menarik Tentang Pulau Padar Yang Menakjubkan

labuan bajo pulau padar
labuan bajo pulau padar

Pulau yang cantik dengan pemandangan yang menakjubkan memang layak untuk dikunjungi dan berikut beberapa fakta tentang kawasan wisata yang sudah populer ini.

1. Berada di Kawasan TNK

Lokasi dari Pulau Padar ada di Labuan Bajo, Nanggapin Barat, NTT. Masih satu kawasan dengan Taman Nasional Komodo. Termasuk pulau yang tidak berpenghuni dan menjadi pulau terbesar ke tiga setelah Pulau Rinca dan Pulau Wisata Komodo.

Lokasinya yang masuk dalam kawasan TNK, membuat wilayah di pulau ini memiliki aturan khusus terutama untuk menjaga keindahan alamnya.

2. Situs warisan dunia UNESCO

Fakta lain yang perlu diketahui adalah kawasan pulau ini yang sudah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Keindahan dari pulau tersebut memang tidak dipertanyakan lagi.

Pulau yang membentang dengan bentuknya yang unik. Pemandangan padang rumput di perbukitan pulau ini pun begitu mempesona. Padang rumput hijau dapat disaksikan langsung dan akan menemani selama perjalanan mendaki bagi para wisatawan yang datang.

Khusus saat musim kemarau, padang rumput disini akan berubah warna menjadi kuning kecokelatan yang juga tidak kalah indah. Pemandangan laut biru juga menjadi panorama alam yang bisa dilihat di pulau ini.

3. Berada di garis Wallace’s

Walaupun untuk mencapai atas bukit wisatawan harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, namun akan terbayar dengan keindahan yang tersaji disini. Terdapat 3 pantai dengan lekukan yang eksotis dan dapat dilihat dari satu titik di atas bukit.

Fakta lain yang mungkin belum diketahui adalah lokasi pulau yang berada di garis Wallace’s. Menjadikan tempat ini memiliki begitu banyak ragam flora dan fauna khas Asia dan juga Australia. Wisatawan dapat menemukan berbagai macam spesies hewan dan tumbuhan yang khas di kawasan konservasi ini.

Ragam Keindahan Labuan Bajo Pulau Padar Yang Wajib Anda Nikmati

pulau padar komodo
pulau padar komodo

Popularitas dari kawasan wisata ini membuktikan bahwa pulau yang ada di Taman Nasional Komodo ini memang menarik. Ragam keindahan yang ditawarkan menjadi pesona yang memikat banyak wisatawan untuk datang. Seperti beberapa keindahan yang bisa ditemukan berikut ini.

1. Laut biru yang tenang

Hampir semua tempat wisata di kawasan Taman Nasional Komodo ditempuh melalui perjalanan laut. Begitu juga untuk sampai di pulau yang satu ini. Pemandangan laut yang biru dan tenang akan menjadi teman selama berada di kapal menuju pulau.

Laut yang jernih tersebut dapat menyegarkan mata dan membuat perjalanan tidak akan bosan. Wisatawan tidak perlu takut bosan, walaupun perjalanan menuju pulau akan memakan waktu hingga 4 jam dari Labuan Bajo.

Selama di perjalanan, wisatawan dapat melihat banyak gugusan pulau yang cantik dan memukau.

2. Padang rumput

Pemandangan dari pulau yang eksotis adalah padang rumputnya. Pulau ini tidak ditumbuhi pepohonan besar, hanya rerumputan yang tumbuh liar. Panorama alam yang dapat disaksikan wisatawan adalah pemandangan dari hamparan padang rumput tersebut.

Artikel Terfavorite  Labuan Bajo Florest, Review 12 Wisata Terfavorite Yang Wajib Dikunjungi

Saat datang di musim hujan, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan padang rumput yang hijau dan menyegarkan mata. Berbeda lagi jika wisatawan datang di musim kemarau, kemungkinan besar padang rumput disini akan berubah warna menjadi kuning.

Padang rumput seperti itu bisa memuaskan wisatawan yang suka dengan pemandangan-pemandangan alam khas tanah tropis. Karakteristik dari perbukitan di pulau ini juga berbatu. Saat mendaki, wisatawan dapat berpijak di bebatuan yang lebih besar untuk beristirahat sebentar.

3. Bentuk pulau yang eksotis

Tempat wisata kece ini mungkin menjadi yang paling kecil di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Namun karena ukurannya yang kecil inilah, wisatawan dapat melihat seluruh isi pulau hanya dari satu tempat.

Kawasan wisata yang keren ini sudah sering digunakan untuk pengambilan gambar atau foto. Lekukan dari Pulau Padar yang unik memang apik untuk dijadikan latar foto. Pulau ini bentuknya memanjang dan berlekuk-lekuk ke tiga arah yang berbeda.

Bagian atas bukit dengan ketinggian yang berbeda-beda juga menambah keindahan pemandangan di tempat wisata ini.

4. Pemandangan 3 pantai

Setelah berada di titik paling tinggi dari pulau ini, wisatawan bisa melihat tiga buah pantai di setiap lekukan pulau. Pantai dengan pasir putih yang tidak begitu luas namun tetap mempesona untuk dilihat. Gradasi warna air laut yang beragam pun semakin membuat tempat ini eksotis.

Atas bukit memang menjadi sisi paling terbaik untuk menikmati kawasan wisata yang satu ini. Lelah perjalanan akan dibayar dengan luasnya laut biru dan pulau-pulau kecil serta unik yang muncul di permukaan.

Wisatawan dapat berfoto sepuasnya dengan latar pemandangan yang berbeda-beda. Tidak perlu khawatir kehabisan spot foto, karena segala sisi di tempat ini benar-benar indah.

Perjalanan Menuju Pulau Padar Yang Seru

pantai padar labuan bajo
pantai padar labuan bajo

Sebelum berangkat ke tempat wisata ini, persiapkan diri baik budget atau pun mental untuk perjalanan yang cukup panjang berikut.

1. Berangkat dari Labuan Bajo

Labuan Bajo menjadi titik yang paling sering dipilih untuk wisatawan menuju ke Pulau Padar. Pelabuhan Labuan Bajo hampir selalu sibuk sejak pagi hari dengan banyaknya wisatawan yang datang.

Tersedia beberapa kapal yang siap untuk mengantar wisatawan menuju pulau ini atau tempat lain yang ada di kawasan wisata Taman Nasional Komodo. Pengunjung dapat menyewa kapal dengan rombongan untuk sampai di pulau.

Perjalanan dari Labuan Bajo memakan waktu sekitar 4 jam sampai di pulau. Perjalanan bisa lebih lama atau cepat, tergantung dari kecepatan kapal yang dinaiki.

Ada beberapa kapal yang bisa dipilih wisatawan untuk menyeberang ke pulau. Untuk kapal yang besar, biasanya juga digunakan untuk wisatawan menginap atau living on board. Pastikan untuk tidak tidur selama perjalanan karena banyak pemandangan yang rugi kalau sampai terlewat.

2. Trekking bukit

Trekking bukit pulau
Trekking bukit pulau

Perjalanan setelah sampai di pulau adalah mendaki bukit atau trekking. Untuk sampai di puncak, wisatawan harus mendaki bukit yang lumayan terjal. Pendakian bisa memakan waktu sekitar 45 menit atau lebih. Bagi wisatawan yang mau berfoto saat trekking sebaiknya berhati-hati, apalagi kalau merasa cape dan lemas.

Artikel Terfavorite  KEREN! Pink Beach Labuan Bajo Yang Unik Harus Banget Dikunjungi

Sebaiknya ambil napas dan istirahat sebentar, baru setelah itu bisa berfoto dengan lebih aman. Kegiatan foto seperti ini juga yang biasanya membuat pendakian bisa berlangsung lebih lama.

3. Turun bukit

Setelah puas menikmati keindahan dari pulau ini, maka sudah saatnya untuk turun. Walaupun tidak memakan banyak tenaga seperti mendaki, wisatawan tetap harus berhati-hati. Sekarang sudah dibangun tangga untuk akses naik dan turun yang bisa membantu wisatawan untuk lebih mudah mencapai bukit dan kembali ke kapal.

Apabila ada waktu, wisatawan juga bisa berenang di sekitar pantai untuk melepas lelah setelah naik turun bukit. Kebanyakan wisatawan biasanya memang sudah tidak ada waktu untuk berenang di tempat ini dan memilih untuk lanjut ke hotel atau tempat wisata lain.

Persiapan Wisata ke Pulau Padar

padar island labuan bajo
padar island labuan bajo

Pulau yang menjadi primadona bagi wisatawan yang datang ke Taman Nasional Komodo ini memang membutuhkan perjalanan yang lumayan panjang. Wisatawan sebaiknya sudah paham tentang apa saja yang perlu dipersiapkan.

  • Bawa uang secukupnya

Persiapan yang paling penting adalah membawa uang secukupnya. Wisatawan perlu membayar sewa untuk kapal, jika ingin ke Pulau Padar. Selain untuk sewa kapal, wisatawan perlu menyiapkan uang tunai untuk membeli jajan atau air mineral.

  • Bawa perlengkapan

Perlengkapan yang perlu disiapkan antara lain adalah kamera untuk foto. Topi dan kaca mata hitam untuk digunakan selama perjalanan.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan sunblock untuk dioleskan ke kulit sebelum panas-panasan menuju dan selama di pulau. Air mineral juga tidak kalah penting untuk dipersiapkan untuk  menjaga tubuh dari dehidrasi.

  • Menyewa kapal untuk menyeberang

Pulau Padar termasuk pulau yang tidak berpenghuni, jadi sebagian besar wisatawan bermalam di Labuan Bajo. Dari pelabuhan tersebut, wisatawan perlu menyeberang dengan kapal menuju pulau. Tersedia beberapa kapal yang siap mengantarkan wisatawan. Jangan lupa untuk mencoba menawar agar bisa menyewa dengan biaya yang lebih murah.

  • Sebelum mendaki

Mendaki menjadi salah satu bagian dari perjalanan menuju Pulau Padar. Sebelum mendaki, pastikan untuk menggunakan alas kaki yang kuat dan nyaman. Pastikan untuk tidak membawa rokok atau apapun yang bisa menyulut percikan api. Hal tersebut penting mengingat kondisi dari pulau ini yang cukup gersang.

Untuk menjaga dari hal-hal buruk yang bisa merusak kawasan konservasi, sebaiknya wisatawan  tidak membawa korek api, rokok, atau benda apapun yang memiliki api. Siapkan tenaga untuk bisa mendaki dan sampai di atas bukit. Setelah itu, wisatawan dapat menikmati pemandangan yang ada di pulau cantik ini.

Tips Menikmati Keindahan Pulau Padar

tempat wisata pulau padar
tempat wisata pulau padar

Pulau ini  merupakan tujuan banyak orang untuk liburan atau pun refreshing. Supaya kegiatan ke pulau tersebut dapat dinikmati dengan lebih maksimal, simak beberapa tips berSiapkan fisik dan stamina yang kuat

Perjalanan untuk sampai di puncak Pulau Padar cukup panjang dan melelahkan. Bagi wisatawan yang berencana mengunjungi tempat ini, sebaiknya jaga kesehatan. Siapkan juga stamina yang kuat agar bisa sampai di pulau tanpa ada masalah yang terlalu berarti.

Sebaiknya tidak ada masalah dengan mabuk laut karena perjalanan dimulai dengan menyeberang menggunakan kapal selama kurang lebih 4 jam. Menyeberang saat pagi akan lebih baik dan lebih nyaman.

Artikel Terfavorite  Wisata NTT Ramai Dikunjungi Wisatawan, Ini 31 Daftar Wisatanya

Gunakan waktu untuk menikmati pemandangan selama berada di atas kapal. Persiapkan kembali tenaga untuk mendaki bukit yang cukup tinggi dan terjal. Apabila lelah, istirahat 2 sampai 5 menit dan kemudian dapat kembali melanjutkan pendakian.

  • Pilih waktu terbaik ke Pulau Padar

Tips untuk wisatawan yang suka dengan pemandangan segar dan hijau, waktu terbaik mengunjungi pulau ini adalah di musim hujan. Akhir tahun hingga sekitar bulan Maret adalah waktu yang direkomendasikan untuk melihat hijaunya pulau fenomenal ini.

Sedangkan untuk wisatawan yang ingin menyaksikan sisi eksotis dari tempat wisata ini, bisa datang antara bulan April hingga September.

Pemandangan dari rumput yang mulai mengering di perbukitan adalah panorama yang dapat dilihat wisatawan. Ditambah lagi dengan semilir angin yang menggoyang-goyangkan rerumputan semakin membuat indah pemandangan.

  • Gunakan pakaian yang nyaman

Mungkin perjalanan ke Pulau Padar akan terik dan panas. Jadi wisatawan disarankan untuk menggunakan kaus atau pakaian yang adem dan menyerap keringat. Selain pakaian, perhatikan juga sepatu atau alas kaki yang digunakan.

Medan yang akan dilalui di pulau ini cukup susah dan curam. Lebih disarankan untuk menggunakan sepatu trekking dengan sol yang kuat dan tidak licin. Sepatu penting untuk diperhatikan, terlebih jika datang di musim hujan karena bisa saja jalur pendakian sedikit basah dan licin.

  • Kenakan perlengkapan mendaki

Topi adalah salah satu perlengkapan yang sebaiknya digunakan saat berwisata ke pulau ini. Topi dapat melindungi wisatawan dari panas dan terik yang selama perjalanan. Jangan lupa juga untuk mengenakan kaca mata hitam karena biasanya saat cuaca cerah, pemandangan disini menjadi cukup terik dan silau.

Kacamata juga berguna untuk menambah style saat nanti melakukan foto di Pulau Padar. Perlengkapan lain yang tidak boleh dilupakan adalah mengenakan sunblock atau pun lotion untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.

Tips untuk wisatawan yang ingin menikmati tempat ini dengan lebih maksimal adalah datang di sore hari. Selain sudah tidak terlalu terik, juga untuk berburu sunset yang tentunya sangat indah di atas bukitnya. Jika tidak bisa sore, wisatawan dapat memilih berangkat lebih pagi untuk menghindari panas.

  • Minum air secukupnya

Tips selanjutnya bagi wisatawan yang mengunjungi Pulau Padar adalah untuk tidak melupakan minum. Sebelum berangkat, pastikan untuk sudah minum air secukupnya. Bawa air mineral dengan botol untuk menemani perjalanan saat menyeberang dan mendaki.

Air minum sangat dibutuhkan, karena perjalanan ke tempat ini akan menguras keringat. Menjaga cairan tubuh adalah hal penting agar wisatawan tidak mudah kelelahan dan bisa menikmati pulau dengan lebih maksimal.

  • Bawa camilan

Mungkin saat mendaki di Pulau Padar merasa lelah dan ingin mengisi tenaga dengan makan sesuatu. Wisatawan dapat berhenti sejenak untuk makan camilan atau makanan ringan. Snack juga diperbolehkan untuk dibawa ke atas bukit, namun jangan meninggalkan sampah agar lingkungan tetap terjaga.

Bawa kembali kantong plastik atau sampah bekas snack di dalam tas Anda. Perlu diingat jika pulau ini adalah kawasan konservasi yang sudah seharusnya untuk dijaga bersama-sama.

  • Bawa kamera dengan resolusi terbaik

Tips yang paling penting adalah membawa kamera terbaik yang Anda miliki. Pemandangan di Pulau Padar adalah sajian utama untuk paket wisata di kawasan ini. Mengambil foto sebanyak mungkin akan menjadi oleh-oleh terbaik wisatawan. Mengunjungi pulau ini tanpa berfoto adalah suatu kerugian.

Apabila datang sendiri, sebaiknya bawa kamera yang tidak terlalu ribet dan tidak perlu membawa tripod. Namun untuk wisatawan yang ingin mendapatkan foto profesional, bisa membawa jasa foto untuk membantu mengambil gambar. Pilih lensa yang paling cocok untuk menangkap gambar dari pemandangan laut dan perbukitan.

Itulah beberapa tips dan ulasan mengenai tempat wisata yang sangat populer di Indonesia ini. Siapkan liburan ke Pulau Padar dan saksikan sendiri keindahan dari panorama alam yang menakjubkan.

Share agar temanmu tahu keindahan wisata ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Wisata yang lagi HITS! Coba Yuk :)

Hubungi kami dan dapatkan penawaran spesial di Komodo

Artikel Menarik Lainnya :)