Pulau Komodo Tawarkan Sensasi Berlibur Yang Luar Biasa!

Pulau Kelor

Yuk bantu Share keindahan pariwisata Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Pulau Komodo merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menawarkan keindahan alam mempesona, serta keunikan dari hewan penghuni pulau yang sangat langka hanya satu-satunya di Indonesia.

Apakah Anda mengataui dimana letak pulau komodo di Indonesia ini? Pulau ini cukup terkenal, dan sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara.

Ya seperti namanya, Pulau ini merupakan habitat komodo, lokasi pulau komodo terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Indonesia. Tidak hanya menawarkan sensasi melihat Komodo langsung dirumahnya, pulau ini juga menyuguhkan pesona alam yang sangat mempesona.

Banyak yang berkunjung ke pulau komodo NTT dan merasa puas dengan pesona yang disuguhkan pulau cantik ini. Dimana pulau komodo sudah menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi.

Banyak objek wisata di pulau Komodo yang bisa Anda kunjungi, dalam artikel kali ini kita akan bahas mengenai daftar tempat wisata yang indah dan menakjubkan. Untuk informasi paket wisata komodo bisa Anda konsultasikan kepada kami Wisata Plus, kami siap memberikan solusi terbaik untuk wisata Anda.

Sebelum Anda memastikan ingin berlibur ke Wisata Komodo, pastikan untuk membaca artikel ini sampai selesai. Agar Anda mendapat pengetahuan mengenai objek wisata apa saja yang ingin dikunjungi.

15 Daftar Tempat Wisata Pilihan di Pulau Komodo Yang Wajib Dikunjungi

Ada banyak sekali saran atau rekomendasi tempat wisata saat Anda mengunjungi pulau yang satu ini.

Namun, dari sekian banyak daftar tempat wisata ini, pastinya ada beberapa tempat yang memang menjadi ciri khas pulau komodo dan sudah terkenal ke seluruh pelosok dunia. Penasaran kan wisata apa saja? Yuk simak bersama

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo
Pulau Komodo

Pulau Komodo ialah salah satu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara yang dikenal pula sebagai habitat asli dari binatang komodo.

Pulau ini masuk dalam Taman Nasional Komodo dan letaknya ada di sebelah timur dari Pulau Sumbawa dengan Selat Sape sebagai pemisah.

Secara administratif, pulau ini masuk wilayah Kecamatan Komodo. Pulau ini juga adalah ujung barat dari Provinsi NTT dan berbatasan langsung dengan Provinsi NTB.

Di Pulau ini kita bisa menemukan binatang komodo yang hidup serta berkembang biak dengan baik. Adanya hewan komodo sekaligus menjadi daya tarik utama bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

2. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari
Pulau Bidadari

Pulau Bidadari ialah salah satu dari empat buah pulau di Flores Barat serta salah satu dari total 26 pulau kecil yang ada di dekat Pulau Komodo.

Pulau ini sangat indah dan letaknya ada di Labuan Bajo. Tidak ada komodo yang menghuni Pulau Bidadari sehingga pengunjung bisa merasa aman saat berkeliling di sana.

Tanah di sini terutama dikelilingi perbukitan, pasir putih serta pepohonan. Pulau ini terutama cocok didatangi penyelam atau snorkel yang hendak menikmati keindahan bawah laut.

Bahkan, para penyelam amatir pun bisa snorkelling di sini dengan aman dan nyaman karena ombak yang cukup tenang.

3. Pulau Padar

pulau padar komodo
pulau padar komodo

Daya tarik utama dari Pulau Padar ialah pemandangan indah yang ada serta bukit-bukit sebagai lokasi trekking.

Pulau Padar terutama adalah tujuan utama bagi wisatawan di Labuan Bajo yang hendak melakukan trekking atau sekedar bersantai sambil mengambil foto.

Artikel Terfavorite  Pulau Flores Suguhkan 7 Tempat Wisata yang Menakjubkan

Walau kurang populer karena aksesnya masih sulit, namun tidak sedikit wisatawan penggemar wisata ekstrem yang mencoba jalur trekking di sini.

4. Pulau Kanawa

kanawa labuan bajo
kanawa labuan bajo

Pulau satu ini jaraknya kira-kira hanya 15 km saja dari Labuan Bajo. Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di sini, mulai dari bersantai di pantai sambil menikmati pemandangan, hingga snorkelling untuk melihat langsung keindahan bawah lautnya.

5. Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin
Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin ialah gua atau terowongan yang ada di bukit batu gelap di Labuan Bajo. Luasnya kira-kira 19 hektar dengan tinggi sekitar 75 meter. Sinar matahari akan masuk ke dalam gua melalui dinding-dindingnya serta memantulkan cahaya pada dinding batu.

Cahaya kecil akan direfleksikan ke area lain gua sehingga tampak memantul seperti halnya batu cermin. Bagian stalaktit serta stalakmitnya juga tampak berkilauan ketika terkena cahaya senter atau cahaya matahari.

Kilauan ini terutama disebabkan adanya kandugnan garam dalam air yang mengalir ketika hujan turun. Menurut sejarahnya, gua ini ditemukan seorang arkeolog sekaligus pastor asal Belanda bernama Theodore Verhoven pada 1951.

6. Pink Beach

Pink Beach Labuan Bajo Florest
Pink Beach Labuan Bajo Florest

Nama Pantai Pink diambil dari pasirnya yang berwarna merah muda. Pantai ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo dan merupakan salah satu dari 7 pantai di dunia yang pasir pantainya berwarna merah muda.

Selain warna pasir pantai yang menarik, kehidupan bawah lautnya juga sarat akan keindahan. Tidak heran jika banyak wisatawatan datang kemari untuk menyelam atau snorkelling. Asal-usul warna pink sendiri diklaim berasal dari serpihan karang yang bercampur dengan pasir pantai.

7. Manta Point

Manta Point
Manta Point

Snorkelling sambil bercengkerama dengan ikan pari bisa kita lakukan di Manta Point. Tempat eksotis satu ini menawarkan pengalaman snorkelling yang tidak biasa karena kita bisa turut melihat bahkan berenang bersama ikan pari atau Manta Ray.

Lokasi tepatnya ada di Loh Liang, Pulau Flores. Dari Bali, perjalanan bisa ditempuh dengan waktu antara 4 hingga 6 jam tergantung cuaca.

8. Taka Makassar

Taka Makassar
Taka Makassar

Taka Makassar ialah sebuah pulau kecil yang masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Keunikan dari pulau ini adalah hanya akan tampak saat air surut. Untuk bisa menuju kemari dengan menggunakan pesawat, disarankan untuk turun di bandara terdekat atau di Denpasar, Bali, sekaligus mampir ke Pantai Kuta serta Sanur.

Dari Bali, perjalanan dilanjutkan menggunakan kapal feri dengan waku tempuh antara 4 hingga 5 jam menuju NTT. Perjalanan masih dilanjut menggunakan speed boat selama kira-kira 3 jam dan mengendarai kano ke Taka Makassar.

9. Pulau Kalong

pulau kalong
pulau kalong

Liburan yang cukup berbeda di Labuan Bajo bisa dinikmati dengan cara mengunjungi Pulau Kalong. Di pulau yang ukurannya cukup kecil ini, kita bisa menyaksikan hingga ribuan kelelwaran yang beterbangan pada siang serta malam hari.

Pemandangan indah dan langka ini jadi daya tarik tersendiri di Pulau Kalong. Sementara itu, sebagian besar lahannya tertutup hutan bakau yang sekaligus menjadi rumah bagi kelelawar-kelelawar yang beterbangan tersebut. Ukuran kalong di sini sendiri cukup besar namun relatif tidak membahayakan manusia.

Artikel Terfavorite  KEREN! Pink Beach Labuan Bajo Yang Unik Harus Banget Dikunjungi

10. Pulau Fox

Pulau Koaba atau yang sering disebut Pulau Flying Foxes (Rubah Terbang) ialah salah satu surga dunia di Labuan Bajo yang tak boleh luput dari rencana kunjungan kita. Lokasinya tak jauh dari Taman Nasional Komodo dan menyuguhkan pemandangan yang tak kalah unik.

Pulau ini adalah habitat untuk kelelawar raksasa atau kalong yang menghuni pohon-pohon eksotis di pulau tersebut. Untuk bisa mencapai Pulau Koaba, kita bisa turun di Denpasar dan melanjutkan perjalanan menggunakan kapal feri ke NTT.

Selanjutnya, perjalanan disambung menggunakan bis umum ke pelabuhan di Labuan Bajo dan speedboat menuju Pulau Koaba.

11. Labuan Bajo

Siapa yang tak kenal Labuan Bajo? Rasanya hampir semua orang sudah mengetahui terkait tempat wisata menarik yang satu ini. Labuan bajo ini merupakan sebuah kota di pelabuhan yang menyuguhkan pemandangan pantai yang begitu luar biasa.

Untuk dapat sampai ke Labuan Bajo, Anda bisa menggunakan sarana transportasi udara atau pun laut. Di tempat ini, Anda sudah tak perlu lagi pusing memikirkan tempat untuk menginap karena sudah tersedia banyak penginapan yang bisa dipilih sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Penginapan yang disediakan di Labuan Bajo juga beragam dan tergolong murah sehingga tidak akan menguras kantong Anda. Fasilitas yang Anda dapatkan juga sangat lengkap dan membuat Anda merasa nyaman dengan penginapan yang sangat bersahabat dengan budget Anda.

Labuan bajo ini juga tak hanya menyediakan pemandangan alam yag berkesan saja karena di tempat ini, Anda akan dapat merasakan berbagai jenis makanan yang siap menggoda lidah Anda.

12. Pulau Kelor

Pulau Kelor
Pulau Kelor

Pulau kelor ini bukan hanya terletak di kepulauan seribu saja karena di pulau komodo juga terdapat pulau kelor yang wajib Anda coba sensasinya. Pulau ini menyajikan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Di pulau ini, Anda juga dapat merasakan beragam jenis kegiatan pantai yang mengasyikkan mulai dari snorkeling dan juga diving untuk melihat pemandangan bawah laut yang sangat cantik dan alami di Pulau Kelor ini.

Melakukan kegiatan snorkeling dan juga diving ini juga akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda karena keindahan terumbu karang yang sangat luar biasa cantik. Bukan hanya itu saja, warna warni kecantikan ikan juga dapat Anda lihat di dalamnya.

Pulau ini hanya berjarak sekitar 20 menit saja dari Labuan Bajo sehingga akan sangat asyik untuk dikunjungi. Akan lebih menarik lagi jika Anda berkunjung ramai-ramai bersama keluarga atau sahabat sehingga perjalanan Anda akan semakin menyenangkan.

13. Pulau Rinca

Pulau Rinca
Pulau Rinca

Jika Anda berwisata ke Pulau Komodo, maka tidak akan lengkap rasanya saat Anda tidak mengunjungi taman nasional yang ada disini. Salah satu pulau yang ditetapkan sebagai taman nasional komodo adalah pulau Rinca. Pulau Rinca ini terdapat banyak sekali komodo di dalamnya sehingga nantinya Anda akan bisa melihat komodo dari jarak dekat.

Pulau ini terletak di sebelah barat Pulau Flores. Untuk pergi ke sana, Anda bisa menggunakan perahu. Pulau ini tak hanya menjadi habitat komodo saja karena beragam jenis hewan liar juga ada di sini seperti babi liar, burung dan juga kerbau.

Artikel Terfavorite  Pulau Padar Tebarkan Pesona Menakjubkan Yang Wajib Anda Kunjungi

14. Pulau Kalong

pulau kalong
pulau kalong

Pulau Kalong ini merupakan pulau yang masih berada di wilayah Nusa Tenggara. Pulau ini sering dijadikan sebagai tujuan terakhir wisatawan untuk menutup lelahnya setelah seharian berkeliling menjelajahi wisata yang ada disini.

Di pulau ini, tersaji pemandangan matahari terbenam yang begitu cantik sehingga tampak mempesona dan juga pas untuk menjadi penutup hari Anda.

Di pulau ini, matahari terbit dengan sempurna di mana nantinya akan terlihat beragam titik oren yaitu senja sebagai pertanda malam yang akan tiba. Saat berada di pulau ini, maka Anda akan bisa merasakan keindahan senja yang memukau sebagai penutup hari yang sempurna.

15. Gili Lawa

Gili Lawa
Gili Lawa

Gili lawa merupakan tempat yang menjadi salah satu pintu masuk ke bagian Taman Nasional Komodo. Di tempat ini, Anda bisa melihat pemandangan laut yang begitu mempesona di mana di daerah ini nantinya Anda bisa naik ke atas bukit hingga akhirnya bisa melihat laut luas dengan warna air yang biru jernih dan memanjakan mata Anda.

Itulah beberapa tempat yang paling asyik untuk Anda kunjungi bersama keluarga ataupun sahabat. Tempat-tempat di Pulau Komodo ini memang menyimpan beragam keindahan yang tak terlupakan. Untuk dapat merasakan perjalanan yang sempurna, maka Anda harus bisa memilih waktu yang tepat saat akan berkunjung ke sini.

Kapan waktu Terbaik Untuk Berkunjung ke Pulau Komodo di NTT ?

Berkunjung atau berwisata ke pulau Komodo tentunya tak bisa dilakukan di waktu yang sembarangan. Pasalnya, yang namanya berwisata harus dinikmati sehingga Anda harus pintar-pintar juga dalam mencari waktu terbaik untuk berwisata ke pulau komodo.

Kali ini kita akan bahas waktu terbaik dan tepat untuk Anda berkunjung ke wisata pulau Komodo.

  • Bulan November hingga April

Salah satu waktu terbaik untuk berlibur ke pulau komodo adalah pada saat bulan November hingga April. Bagaimana tidak, daerah timur sendiri tak hanya menyajikan keindahan pulaunya saja, namun juga menyajikan keindahan laut yang menggoda.

Pada bulan ini, ombak laut sedang tinggi sehingga sangat cocok bagi Anda yang memang membutuhkan liburan ke daerah timur untuk menikmati keindahan lautnya. Anda bisa melakukan kegiatan yang Anda suka seperti berselancar, dan juga snorkeling atau pun diving.

  • Bulan Juli dan Agustus

Keindahan pantai yang menggoda memang sudah tak bisa diragukan di tempat ini. Bagaimana tidak, pantainya selalu memiliki cerita yang sempurna mulai dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari.

Pada bulan Juli Agustus matahari terbenam dengan sangat sempurna dan juga menunjukkan semburat jingganya dengan menyala. Hal ini tentunya akan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi Anda si pemburu senja.

  • Bulan yang Harus Dihindari

Selain terdapat beberapa bulan yang disarankan, ternyata masih ada juga waktu yang dilarang untuk berkunjung kesini.

Hal ini dikhususkan bagi Anda yang berlibur dengan tujuan untuk melakukan pendakian gunung maka pada bulan Desember hingga Februari alangkah baiknya dihindari. Hal ini dikarenakan curah hujan yang sangat tinggi sehingga akan lebih baik jika dihindari.

  • Pergantian Tahun

Selain pada bulan-bulan tertentu, daerah ini juga akan sangat ramai pada waktu tertentu seperti pergantian tahun atau pada saat liburan semester misalnya. Pada waktu ini jumlah pengunjung begitu membludag sehingga dikhawatirkan Anda tidak bisa menikmati liburan dengan sempurna dan juga berkesan.

Sehingga carilah waktu terbaik untuk berlibur Anda. Jangan sampai kesalahan dalam memilih waktu liburan akan membuat liburan Anda semakin tak karuan dan juga semakin berantakan karena kunci liburan yang sempurna adalah datang pada waktu yang tepat.

Bagi Anda yang merupakan traveller pemula, maka sebaiknya mengikuti aturan yang ada agar liburan Anda menjadi sempurna. Ada kiat dan juga trik tersendiri yang bisa digunakan sebagai panduan jika Anda menginginkan perjalanan yang nyaman.

Share agar temanmu tahu keindahan wisata ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Wisata yang lagi HITS! Coba Yuk :)

Hubungi kami dan dapatkan penawaran spesial di Komodo

Artikel Menarik Lainnya :)