Pulau Flores Suguhkan 7 Tempat Wisata yang Menakjubkan

kanawa labuan bajo

Yuk bantu Share keindahan pariwisata Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Pulau Flores adalah salah satu pulau di Indonesia yang termasuk ke dalam wilayah administratif Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini masuk ke dalam gugusan Kepualauan Sunda kecil bersama 2 pulau lainnya, yakni Pulau Bali dan Nusa Tenggara Barat. Pulau Flores memiliki luas sekitar 14.300 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai 1,6 juta jiwa.

Kata Flores dalam Bahasa Portugis berarti “Bunga”. Nama itu tentu tidak asal disematkan begitu saja. Kata Flores yang berarti bunga disematkan pada pulau ini karena memang ada banyak sekali keindahan alam yang bisa ditemukan di sana. Keindahan alam itulah yang kemudian membuat Flores berkembang jadi salah satu destinasi wisata populer.

Destinasi wisata yang ada di Flores island cukup beragam. Ada yang berupa wisata di daratan dan ada pula yang berupa wisata bahari. Hampir semua destinasi wisata berbau alam tersebut masih lestari. Kelestariannya itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Keindahan yang dimiliki Pulau Flores pun tak sebatas wisata alam saja. Keragaman masyarakat yang ada di sana membuat banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, tertarik untuk datang.

Ada 8 suku asli Flores yang sampai saat ini masih rukun hidup berdampingan dengan perkembangan Pulau Flores yang makin pesat. Kedelapan suku tersebut adalah Manggarai, Riung, Ngada, Naga-Keo, Ende, Lio, Sikka, dan Larantuka.

Selain masyarakat asli dari 8 suku tersebut, Flores juga dihuni oleh masyarakat pendatang dari berbagai wilayah lain di Indonesia. kebanyakan mereka yang merantau ke Flores membangun usaha di bidang pariwisata.

Keberadaan masyarakat pendatang ini tak dapat dipungkiri membawa perubahan yang cukup signifikan pada kehidupan pariwisata Flores. Fasilitas penunjang wisata jadi makin lengkap dan beragam.

Kondisi tersebut menguntungkan karena wisatawan yang ingin datang ke Flores tidak lagi harus mengurungkan niat karena kesulitan menemukan pilihan penginapan yang sesuai dan lain-lain.

Sebagai salah satu destinasi wisata yang tengah berkembang, pulau ini juga tak jarang mengadakan acara-acara kesenian. Acara tersebut dibuat dengan tujuan untuk memperkenalkan kebudayaan asli flores kepada khalayak luas.

Salah satu jenis kesenian yang cukup sering ditampilkan adalah tari caci. Tari caci ialah tarian perang sekaligus permainan rakyat yang dimainkan oleh 2 orang laki-laki. Nantinya kedua laki-laki tersebut akan saling serang menggunakan cambuk dan perisai yang dibuat dari material tertentu.

Tari caci berasal dari Flores manggarai timur. Tarian ini sering dipertontonkan pada acara-acara khusus, terutama ketika tengah memasuki puncak kunjungan wisatawan ke Flores. Para penonton biasanya akan menyaksikan pertandingan dengan cara berkerumun dan membentuk lingkaran di sekitar arena pertandingan.

Ini Dia 7 Wisata di Pulau Flores yang Wajib Dikunjungi

Jika Anda tengah galau menentukan tujuan wisata, maka Pulau Flores sangat bisa dijadikan salah satu alternatifnya. Ada banyak destinasi wisata yang bisa Anda pilih di Flores nusa tenggara. Berikut adalah daftar tempat wisata yang tak boleh Anda lewatkan jika berkunjung ke Pulau Tersebut:

  • Pulau Komodo
Pulau Komodo
Pulau Komodo

Walau tidak sepopuler Bali atau Lombok nyatanyaFlores komodo tours juga sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata. Melihat secara langsung komodo di habitat aslinya tentunya bukan satu-satunya hal yang bisa dilakukan oleh para wisatawan. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sana.

Artikel Terfavorite  Pulau Komodo Tawarkan Sensasi Berlibur Yang Luar Biasa!

Pulau Komodo memang rasanya kurang cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarga. Destinasi wisata yang satu ini diperuntukkan bagi Anda yang memang senang menikmati keeksotisan berlibur di alam liar. Salah satu kegiatan yang cocok dilakukan di Pulau Komodo adalah treking menyusuri pulau yang masih dihuni oleh komodo.

Selama melakukan treking wisatawan akan didampingi oleh guide yang sekaligus berfungsi sebagai pawang komodo. Sepanjang perjalanan, jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto.

Ada beberapa spot foto saat melakukan wisata komodo yang tak boleh dilewatkan. Mintalah guide yang mengantarkan Anda untuk menunjukkan spot-spot foto terbaik yang ada di sekitar pulau.

  • Pantai Pink
Pantai Pink
Pantai Pink

Ada satu keajaiban lain yang tersimpan di Pulau Flores. Keajaiban tersebut adalah sebuah pantai yang memiliki warna tak lazim. Jika kebanyakan pantai lain memiliki pasir berwarna putih atau coklat, sebuah pantai di Pulau Flores justru memiliki pasir pantai berwarna pink. Karena warna pasirnya itulah pantai tersebut kemudian dikenal dengan nama Pantai Pink.

Warna pink yang ada di Pantai Pink Flores sebenarnya berasal dari bangkai amoeba berwarna merah yang mati dan memberikan pigmen warna merah kepada koral.

Ketika koral hancur dan terbawa oleh gelombang ke arah pantai, pigmen-pigmen tersebut kemudian larut bersama pasir dan menghasilkan warna pink yang indah. Konon di dunia ini hanya ada 7 pantai saja yang memiliki keunikan serupa.

Ketika mengunjungi Pantai Pink Anda tentu tak hanya dapat menikmati keindahan tepi pantainya saja. Snorkeling adalah kegiatan yang sangat pas dilakukan di tempat ini. Alam bawah laut Pantai Pink tak kalah cantiknya karena dihuni banyak terumbu karang dan ikan-ikan yang siap memanjakan mata.

Anda tak perlu khawatir apabila tidak membawa peralatan snorkeling sendiri. Anda akan dengan mudah menemukan orang ang mneyewakan peralatan snorkeling di sekitar pantai. JIka tak berkesempatan snorkeling, sekedar bermain air di tepi pantai atau berjemur di atas hamparan pasir merah jambu rasanya sudah sangat cukup menyenangkan.

  • Pulau Padar
pulau padar komodo
pulau padar komodo

Berkunjung ke Pulau Flores tentu belum sempurna rasanya jika belum mengunjungi Pulau Padar.

Meskipun namanya tidak seterkenal pulau Komodo atau pulau-pulau lain yang ada di sekitarnya, keindahan Pulau Padar rasanya tetap sulit diabaikan. Jika kebetulan Anda melakukan Flores komodo tours di Pulau Rinca, cobalah untuk menyebrang ke Pulau Padar karena jaraknya tak terlalu jauh.

Kegiatan yang paling pas dilakukan di Pulau Padar adalah treking. Ketika melakukan kegiatan tersebut Anda akan menemukan banyak spot pemandangan cantik. Pulau Pada juga relatif lebih aman dibanding pulau lain di sekitarnya karena sudah dihuni oleh Komodo.

Artikel Terfavorite  Labuan Bajo Florest, Review 12 Wisata Terfavorite Yang Wajib Dikunjungi

Meski tidak dihuni lagi oleh komodo, Pulau Padar tetap berstatus sebagai situs warisan dunia bersama beberapa pulau kecil lain di wilayah Pulau Komodo.

Ketiadaan komodo di pulau tersebut memang terjadi karena hal yang sulit dihindari, yakni terputusnya rantai makanan. Pulau Padar kini hanya dihuni oleh sejumlah masyarakat dan juga hewan liar lain yang tetap dijaga kelestariannya.

Bagi Anda yang ingin mengisi liburan dengan suasana yang cenderung tenang, maka Pulau Padar adalah pilihan terbaik. Pulau ini cenderung terhindari dari hiruk pikuk wisata yang berlebihan. Hanya saja pilihan penginapan yang ada di sana tak banyak. Anda juga sebaiknya membawa perbekalan makanan yang cukup ketika hendak menginap di pulau ini.

  • Pulau Kanawa
kanawa labuan bajo
kanawa labuan bajo

Selain Pulau Pink, ada destinasi wisata air lain yang tak boleh dilewatkan, terutama bagi Anda yang gemar renang di laut atau bersnorkeling ria.

Destinasi tersebut adalah Pulau Kanawa. Pulau Kanawa adalah sebuah pulau dengan luas 32 hektare yang masih cukup asri dan tidak terlalu bising. Sangat sempurna bagi Anda yang ingin melarikan diri dari bisingnya kehidupan perkotaan.

Keindahan Pulau Kanawa sudah tampak sejak kapal yang Anda tumpangi hendak merapat ke dermaga. Air di sekitar dermaga masih sangat jernih sehingga Anda bisa melihat jauh ke dasarnya. Anda yang gemar renang pasti akan sulit menahan diri untuk segera terjun ke kejernihan airnya.

Jika tak puas sekedar bermain air, cobalah menikmatinya lebih jauh dengan snorkeling atau diving. Keindahan bawah lautnya yang masih sangat terjaga membuat siapapun yang mengintip ke dalamnya akan takjub.

Aktifitas lain yang bisa dilakukan di Pulau Kanawa ialah trekking. Tak jauh dari hamparan pantai dan lautnya yang menyenangkan ada sebuah bukit kecil nan cantik.

Jika berjalan ke atas bukit tersebut Anda akan menemukan pemandangan berbeda ke hamparan laut Pulau Kanawa. Sejak sepanjang perjalanan menuju bukit Anda juga akan melewati beberapa spot foto yang sangat sayang apabila tidak diabadikan.

  • Pulau Rinca
pulau rinca flores
pulau rinca flores

Penasaran dengan kehidupan komodo di habitat aslinya? Jika iya, maka berkunjung ke Pulau Rinca akan mengobati rasa penasaran Anda. Pulau ini adalah salah satu pulau yang masih dihuni komodo dengan jumlah yang cukup banyak. Komodo-komdo di pulau ini hidup berdampingan dengan masyarakat lokal.

Anda yang ingin melakukan snorkeling di Pulau Rinca akan dipandu seorang petugas dari taman nasional untuk menjamin keamanan.

Selama kegiatan treking, pastikan Anda mengikuti setiap instruksi dengan baik. Hindari gerakan-gerakan yang bisa memancing agresifitas komodo. Pastikan Anda tidak merusak kesempatan untuk bisa menyaksikan kehidupan komodo dari dekat.

Artikel Terfavorite  Bandara Labuan Bajo Pintu Masuk Saksikan Satwa Komodo

Treking bukan satu-satunya kegiatan yang bisa Anda lakukan di pulau situs warisan Unesco tersebut. Ada cukup banyak spot foto yang sebaiknya tidak Anda lakukan. Salah satu spot foto terbaik adalah sebuah bukit yang bisa Anda capai dengan mendaki selama 20 hingga 30 menit.

Ketika berdiri di atasnya Anda bisa berfoto dengan hamparan laut flores sebagai latarnya. Spot tersebut juga sangat sempurna untuk menyaksikan sunset di sore hari.

Jika berkunjung ke Pulau Rinca pastikan Anda menjaga ketertiban demi keamanan bersama. Anda juga diharuskan menjaga kebersihan agar tidak merusak habitat asli komodo yang hanya bisa ditemukan di Indonesia ini. Kunjungan ke Pulau Rinca hampir selalu menjadi bagian dari paket Flores komodo tours.

  • Wae Rebo

Berwisata di pantai atau habitat asli komodo memang menyenangkan. Tapi bukan hanya itu yang dimiliki Pulau Flores. Anda yang ingin merasakan liburan dengan keseruan berbeda harus mengunjungi Wae Rebo, sebuah desa adat yang terletak di Kabupaten Manggarai, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Wae Rebo adalah salah satu desa adat yang kental dengan nuansa misterius. Hanya ada 7 rumah yang berdiri di desa tersebut. Ketujuh rumah yang ada kemudian dikenal dengan nama Mbaru Niang.

Desa Wae Rebo terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, menjadikannya sebagai salah satu desa tertinggi di Indonesia. Anda yang ingin mengunjungi desa ini harus sedang dalam keadaan fisik prima. Pasalnya sebelum bisa mencapai lokasi desa Anda terlebih dahulu harus berjalan kaki selama 2 hingga 3 jam dengan medan yang lumayan berat.

Jika Anda tertarik mengunjungi desa ini, sebaiknya Anda mencari tahu jadwal penyelenggaraan Upacara Penti. Upacara tersebut adalah upacara tahunan masyarakat penghuni Mbaru Niang yang dalam rangka memanjatkan syukur dan memohon keharmonisan hidup. Jika Anda datang di waktu yang tepat maka Anda bisa turut menyaksikan kesakralan upacara tersebut.

  • Taka Makasar

Rekomendasi tempat wisata lain yang tak boleh Anda lewatkan di Pulau Flores adalah Taka Makasar. Destinasi wisata yang satu ini adalah salah satu pulau cantin nan terpencil yang terletak tak jauh dari Pulau Komodo.

Taka Makasar terletak di kawasan hutan lindung Mbeliling, Labuan Bajo. Akses ke lokasi tersebut belum terlalu baik, masih ada beberapa bagian jalan yang rusak sehingga pengunjung harus ekstra hati-hati.

Jika Anda berkunjung ke Taka Makasar, ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menjejakkan kaki ke Pulau Timbul. Dinamai demikian karena pulau ini berada di titik yang cukup rendah sehingga hanya bisa timbul jika air tengah surut.

Bentuk pulau tersebut cukup unik karena menyerupai angka 9. Adapun pasir putih menghampar di seluruh bagian pulau dan terasa lembut ketika dipijak.

Snorkeling menjadi kegiatan lain yang bisa dilakukan jika Anda berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini. Kehidupan bawah lautnya indah dan masih sangat terjaga. Gunungan terumbu karang yang ada di dasar laut Taka Makasar menjadi surga bagi hewan-hewan laut kecil. Jika beruntung, Anda bisa menyapa semuanya secara langsung.

Itulah objek-objek wisata yang tak boleh Anda lewatkan di Pulau Flores. Jika ingin perjalanan lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan jasa travel dan mengikuti paket wisata yang ditawarkan.

Paket tersebut tersedia dalam beberapa pilihan durasi yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuan dan keinginan. Agar lebih mudah, pilihlah paket yang sudah sekaligus mengurus masalah penginapan.

Share agar temanmu tahu keindahan wisata ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Wisata yang lagi HITS! Coba Yuk :)

Hubungi kami dan dapatkan penawaran spesial di Komodo

Artikel Menarik Lainnya :)