KEREN! Pink Beach Labuan Bajo Yang Unik Harus Banget Dikunjungi

pink beach komodo island

Yuk bantu Share keindahan pariwisata Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Pink beach Labuan Bajo Flores menjadi salah satu wisata unik yang wajib Anda kunjungi, dengan pesona alam yang indah dan menarik ini mampu buat liburan Anda semakin menyenangkan dan juga berkesan.

Kenapa berkesan? karena Anda hanya bisa mengunjungi wisata pink beach ini di 2 daerah di Indonesia, yaitu di Lombok dan di wisata Komodo flores.

Pink Beach Labuan Bajo Florest
Pink Beach Labuan Bajo Florest

Seperti yang Anda tahu pulau Komodo telah banyak menarik minat wisatawan, karena menjadi tempat penelitian serta habitat dari hewan purba yaitu Komodo.

Namun ternyata wisata ini tidak  hanya menyuguhkan wisata edukasi, Pulau Komodo juga menyimpan banyak sekali keindahan alam yang mempesona salah satunya adalah pantai pink di pulau komodo ini.

Alasan kenapa Anda Harus Memilih Berlibur di Nusa Tenggara Timur

wisata komodo
wisata komodo
  1. Anda dapat melihat secara langsung bagaimana cara hidup dari hewan purba Komodo.
  2. Anda juga dapat melakukan tracking dengan jalur yang telah disediakan, tentunya dengan pengawasan dari pihak petugas taman Nasional, dan Anda akan merasakan kehidupan di alam terbuka yang masih asri.
  3. Anda dapat menikmati keindahan pantai tidak hanya di pink beach komodo island, namun beberapa pantai pilihan yang ada di sekitar pulau di florest ini.

Tidak semua daerah atau negara memiliki pantai dengan warna pink yang unik. Setidaknya ada tujuh pantai yang tersebar di beberapa negara yang memiliki fenomena alam pasir berwarna pink.

Dua pantai berada di Indonesia, selanjutnya berada di Harbor Island, Bermuda, Filipina, Itali, Balos Lagoon, dan Yunani. Tidak heran fenomena langka inilah yang juga mengundang banyak wisatawan untuk singgah sejenak dan mengabadaikan momen di pink beach pulau komodo.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengunjungi Pink Beach Labuan Bajo

Tentunya tidak seperti di kota besar yang memiliki akses lengkap, Anda harus mempersiapkan berbagai kelengkapan dan kebutuhan selama di Pulau Komodo dari jauh-jauh hari.

pink beach komodo island
pink beach komodo island

Anda harus memastikan bahwa transportasi bahkan penginapan sudah Anda tangani dengan baik. Apabila Anda termasuk salah satu orang yang ingin mengunjungi Pink Beach saat berada di Pulau Komodo, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti di bawah ini:

1. Transportasi

Pulau Komodo merupakan pulau kecil yang jauh dari keramaian, maka dari itu Anda harus memastikan bahwa  transportasi merupakan hal yang sudah Anda antisipasi sejak lama.

Sebenarnya untuk Anda yang sudah sering melakukan wisata luar pulau dan berpengalaman, tidak ada masalahnya menyewa atau mencari tahu tentang transportasi secara on the spot. Namun bagi Anda yang baru pertama kali datang, ada baiknya persiapkan dengan matang.

Ada beberapa pilihan armada transportasi yang dapat Anda pilih, namun sebaiknya pilihlah paket wisata Komodo yang sangat membantu Anda untuk masalah transportasi menuju Pulau Komodo.

Biasanya sebelum menuju Pulau Komodo, Anda bisa transit terlebih dahulu di Pulau Rinca dengan kisaran waktu 45 menit dari Dermaga Loh Buaya yang berada di Labuan Bajo. Nantinya sebelum Anda menuju pantai pink pulau komodo, Anda diberikan sedikit tracking dalam rangka melihat habitat asli dari Komodo.

Artikel Terfavorite  Pulau Padar Tebarkan Pesona Menakjubkan Yang Wajib Anda Kunjungi

Ada dua jalur tracking yang dapat Anda pilih untuk menuju Pink Beach. Anda yang menginginkan perjalanan tidak terlalu jauh, dapat memilih jalur tracking sekitar 30 menit dan dapat dilanjutkan dengan menaiki kapal kembali.

Namun untuk Anda yang suka tantangan, dan menginginkan tracking yang lebih lama, maka Anda dapat melintasi tebing dengan waktu sekitar 4 jam hingga akhirnya sampai di pantai pink komodo.

Anda jangan khawatir karena setiap tracking atau perjalanan Anda didampingi oleh petugas yang telah berpengalaman. Anda tidak hanya menikmati pemandangan pantai Pink menggunakan kapal ini, namun dapat menikmati pesona flores dari dekat.

2. Tips berlibur di Pantai Pink Pulau Komodo

Pink Beach merupakan wisata yang masih asri dan tetap dijaga oleh penduduk setempat. Tidak heran jika Anda bisa merasakan sesuatu yang berbeda, salah satunya dalam hal fasilitas.

Pantai Pink sangat cocok untuk Anda yang ingin menyelam atau diving, dan untuk peralatan diving ini Anda tidak perlu khawatir, karena ada tempat khusus menyewakan peralatan untuk diving disini.

Anda tidak perlu membawa peralatan yang terlalu berat untuk menikmati keindahan bawah laut dari Pink Beach. Anda dapat menanyakan kepada tour guide Anda bagaimana cara untuk menyewa peralatan menyelam selama di Pulau Komodo.

3. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Pink Komodo

Tidak dipungkiri wisata di Pink Beach kurang cocok untuk Anda yang menyukai keramaian atau hiburan. Namun apabila Anda menyukai ketenangan dan keindahan maka Anda menuju tempat yang tepat.

Pantai Pink yang masih asri dengan deretan bukit memanjang membuat Anda ingin berjalan-jalan santai, sambil menikmati deburan ombak dan suara alam yang sangat menyegarkan.

Selain berjalan-jalan, snorkeling ataupun diving merupakan pilihan yang menarik. Alam bawah laut dari Pantai Pink masih terjaga dan belum terjamah oleh tangan-tangan yang merusak di dalamnya.

Anda dapat melihat aneka terumbu karang dan ikan-ikan di air laut yang bersih. Warna air laut hijau tosca ini membuat Anda ingin berlama-lama menikmati keindahan dari bawah lautnya.

Selanjutnya, untuk Anda yang ingin berjemur, Anda dapat berjemur di atas pasir pantai yang berwarna pink dan halus ini. Tentu saja jangan sampai Anda lupa untuk mengabadikan keindahan Pink Beach yang memiliki warna seperti pantai di negeri dongeng ini ya.

Bahkan ada salah satu keindahan populer yang sangat ditunggu oleh wisatawan yang datang ke Pantai Pink yaitu matahari terbenam. Apabila Anda ingin mendapatkan fenomena tersebut, maka tidak ada salahnya Anda mengatur jadwal terbaik agar sampai di waktu yang tepat.

4. Akomodasi

Selain LOB atau live abroad yang dapat Anda gunakan untuk menginap, ternyata ada beberapa akomodasi untuk Anda. Namun tentunya Anda tidak dapat menemukan penginapan di Pink Beach karena pantai tersebut berada di kawasan yang terpencil.

Artikel Terfavorite  Backpacker ke Labuan Bajo Harga Hemat Wisata Puas

Anda hanya bisa mendapatkan penginapan di Labuan Bajo, karena Labuan Bajo sudah memiliki beragam penginapan dengan fasilitas yang tidak berbeda jauh dengan penginapan di daerah wisata lainnya.

Namun apabila Anda tetap ingin memilih tinggal di sekitar Pulau Komodo Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa homestay yang disediakan oleh penduduk lokal Pulau Komodo. 

Hal yang harus Anda perhatikan adalah fasilitas yang Anda dapatkan, tentu saja minim dan tidak banyak warung menyediakan makanan dengan lengkap seperti penginapan di Labuan Bajo. Homestay seperti ini sangatlah cocok untuk Anda yang ingin merasakan keberagam alam dan suku secara langsung.

Apabila Anda datang pada musim liburan ke Pink Beach, pilihlah akomodasi jauh-jauh hari. Rata-rata semua wisatawan yang datang akan menginap karena perjalanan jauh dan tidak setiap saat memiliki jadwal perjalanan.

Pastikan bahwa Anda mendapatkan akomodasi sesuai dengan kebutuhan serta keinginan Anda, dan sesuai budget yang telah Anda rancang sebelumnya.

Empat hal di atas merupakan poin utama yang harus Anda prioritaskan terlebih dahulu. Apabila Anda sudah memenuhi empat hal di atas, Anda tinggal menunggu waktu liburan tiba dan pastikan Anda mengabadikan momen terbaik, selama di Labuan Bajo hingga Pink Beach.

Anda yang ingin melakukan perjalanan menuju pantai pink, tentu saja tidak boleh sembarangan masuk seperti jika Anda menuju pantai pink di Lombok. Pink Beach berada di wilayah yang sama dengan Taman Nasional, inilah yang membuat perizinan dan juga pengawasan petugas adalah hal yang sangat wajar.

Anda harus mengisi beberapa data dalam formulir, biasanya perizinan ini akan diisi saat Anda berada di Loh Liang. Namun pada saat Anda berwisata bersama Wisata Plus, Anda dapat mengisi formulir perizinan ini jauh-jauh sebelum Anda berangkat berwisata ke pulau ini.

Selain kesiapan menuju Pink Beach yang telah disebutkan, Anda juga tentunya harus menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan selama berlibur di Pulau Komodo. Meskipun menyimpan keindahan, terdapat perbedaan antara Anda yang berlibur di tempat wisata dengan taman nasional.

Berikut ini hal yang dapat menjadi tambahan informasi untuk Anda:

– Harap berhati-hati apabila Anda seorang wanita dan sedang mengalami menstruasi. Tentu saja himbauan ini berlaku untuk Anda yang sedang melakukan tracking ataupun Anda yang hendak bersantai di Pantai Pink.

Komodo merupakan hewan purba yang memakan daging, dan Anda perlu mengetahui bahwa Komodo memiliki penciuman yang sangat tajam.

Harap waspada dan tentunya menjaga jarak apabila Anda sedang mengalami menstruasi atau agar lebih aman sebaiknya Anda tidak memasuki kawasan yang dihuni oleh hewan purba ini. Karena masih banyak wisata cantik lainnya yang bisa Anda nikmati dan kunjungi selain mengunjungi pulau Komodo.

– Kenali tour guide atau kenali Jagawana yang bertugas untuk mengawal Anda. Apabila Anda masuk ke dalam kawasan Labuan Bajo khususnya beberapa pulau yang memiliki habitat Komodo, maka terdapat petugas khusus yang akan mengawal perjalanan dan tracking yang telah Anda pilih.

Artikel Terfavorite  Labuan Bajo Florest, Review 12 Wisata Terfavorite Yang Wajib Dikunjungi

Tentu saja Jagawana ini telah memiliki pengalaman dan memantau keamanan perjalanan Anda, namun untuk membantu pengawasan Anda juga harus mematuhi syarat yang diberikan dan pastikan agar Anda tidak terpisah dari rombongan dan membahayakan diri Anda sendiri.

Selalu konfirmasi apabila terdapat kegiatan yang ingin Anda lakukan, dan tanyakan apakah hal tersebut boleh dilakukan atau tidak kepada Jagawana yang bertugas. Tentunya hal ini juga berlaku saat Anda sudah sampai di Pink Beach.

– Sebenarnya selain Pink Beach, ada beberapa pantai yang juga dapat Anda kunjungi dengan menggunakan fasilitas penduduk setempat. Hanya saja jika Anda ingin melakukan eksplore secara maksimal, pastikan Anda memperhatikan waktu keberangkatan dan kepulangan Anda selama di Pulau Komodo.

Selain pulau Komodo yang memiliki pantai pink, ada beberapa pulau lain di Nusa Tenggara Timur yang juga menjadi tempat atau habitat asli dari Pulau Komodo. Tidak ada salahnya Anda memilih tour guide yang menyediakan paket perjalanan ke beberapa pulau sekaligus untuk memperkenalkan Anda tentang NTT secara lebih mendalam.

– Persiapkan masing-masing budget atau anggaran jauh-jauh hari. Hal ini sangat penting karena akomodasi dan transportasi seperti yang Anda ketahui sangat sulit di pulau yang terpencil.

Sebenarnya mungkin tidak masalah apabila Anda sudah mendapatkan penginapan dan kendaraan, Anda hanya perlu membeli bekal untuk perjalanan Anda setelah keluar dari Labuan Bajo menuju Pulau Komodo.

Sebagai salah satu saran untuk Anda, apabila Anda kekurangan sesuatu kebutuhan segera beli atau cari di Labuan Bajo. Hal ini karena akan sulit menemukan toko atau warung modern di area Taman Nasional yang tentu saja sangat terjaga keasriannya. Pastikan bahwa Anda memakai outfit tracking yang tepat untuk keselamatan Anda.

Pink Beach merupakan fenomena alam yang langka, konon kabarnya pasir menjadi berwarna pink akibat mengikisnya terumbu karang yang berwarna merah dan melebur menjadi pasir.

Apabila Anda datang di waktu yang tepat maka bias cahaya matahari dan air yang berwarna hijau akan membuat Anda berada di negeri dongeng .

Uniknya lagi, Pink Beach dikelilingi oleh bukit yang memanjang dan tentunya ini menjadi salah satu fenomena alam yang tidak akan mudah Anda dapatkan di tempat yang lain. Maksimalkan waktu tracking dan bersantai Anda selama berlibur agar kembali fresh ketika Anda memulai aktifitas di kota yang padat.

Bagaimana? Tentunya Anda yang sudah memastikan waktu liburan di Pulau Komodo sudah dapat mempersiapkan diri? Pastikan selain budget, fisik Anda harus terjaga dengan baik karena tidak banyak fasilitas yang bisa membantu saat Anda melakukan tracking.

Anda juga tidak perlu merasa khawatir akan keramaian yang terjadi di Pink Beach, karena keasriannya akan tetap menjaga Anda tetap nyaman dari kebisingan.

Tentunya apabila Anda sudah sampai di pantai pink, lakukan hal-hal yang diperbolehkan dan ikuti himbauan yang telah diberikan seperti contoh kecil menjaga dan tidak membuat kerusakan atau bahkan membuang sampah sembarangan.

Pastikan liburan Anda di pantai Pink pulau Komodo ini seru dan berkesan, bersama Wisata Plus kami menemani perjalanan wisata Anda. Dengan menyaksikan keindahan alam yang unik dan mempesona.

Share agar temanmu tahu keindahan wisata ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Wisata yang lagi HITS! Coba Yuk :)

Hubungi kami dan dapatkan penawaran spesial di Komodo

Artikel Menarik Lainnya :)