Labuan Bajo Florest, Review 12 Wisata Terfavorite Yang Wajib Dikunjungi

labuan bajo

Yuk bantu Share keindahan pariwisata Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Tahukah Anda Labuan Bajo dimana? Labuan Bajo merupakan kota pelabuhan yang ada di sisi barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Semenjak ditetapkan menjadi salah satu wisata Bali Baru, kawasan ini semakin semarak dengan prasarana yang terus dibangun.

Kawasan pelabuhan di timur Indonesia ini dikenal sebagai gerbang masuk untuk tempat-tempat wisata keren yang ada di NTT. Banyak pelancong dari dalam dan luar negeri yang masuk melalui pelabuhan ini untuk menikmati berbagai objek wisata seperti Wisata Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca, dan lainnya.

Banyak tempat menarik yang bisa dijelajahi di sini. Untuk Anda yang berencana melakukan perjalanan liburan, berikut beberapa ulasan mengenai tempat wisata dan apa saja yang bisa Anda lakukan.

Objek Wisata Laut dan Pantai di Sekitar Labuan Bajo Florest

Sebagian besar pariwisata di Indonesia bagian timur memang mengandalkan wisata laut atau pantai, sama seperti beberapa objek wisata yang ada di sekitar Labuan Bajo florest berikut.

1. Pink Beach atau Pantai Pink

Pink Beach Labuan Bajo Florest
Pink Beach Labuan Bajo Florest

Pink Beach memiliki keindahan alam yang jarang ditemukan sehingga pesonanya pun menjadi favorit bagi banyak turis. Lokasi dari tempat ini ada di Pulau Komodo dan wisatawan dapat naik kapal untuk sampai di Pantai Pink.

Objek wisata unggulan ini sudah sangat terkenal karena warna pasir pantainya yang unik. Sesuai dengan namanya, pasir yang ada di kawasan tersebut memiliki warna merah muda.

Warna yang sangat jarang dilihat pada kebanyakan pantai. Kegiatan wisatawan yang bisa dilakukan di tempat ini antara lain adalah jalan-jalan, snorkeling, hingga diving. Saat cuaca sedang cerah adalah waktu yang tepat untuk menikmati keindahan pantai pink

2. Taka Makassar

Taka Makassar
Taka Makassar

Taka Makassar merupakan salah satu pulau yang bisa Anda kunjungi. Pulau ini tidak sepopuler Pantai Pink. Wisatawan dapat masuk secara bebas karena pulau ini sangat kecil dan hanya terdapat hamparan pasir putih yang sangat indah.

Pantai di pulau ini mempunyai air laut yang cukup jernih dengan gelombang yang tidak terlalu besar. Kawasan ini juga aman untuk anak-anak bermain air, namun tetap dengan pengawasan orang dewasa. Pasir putih di bibir pantai bisa menjadi tempat Anda untuk bersantai atau berjalan-jalan menyusuri tepian pantai.

3. Manta Point

Manta Point
Manta Point

Ada beberapa spot yang menjadi tempat terbaik untuk wisatawan berenang dengan Pari Manta. Kegiatan seru tersebut merupakan yang paling banyak diinginkan bagi turis yang datang berkunjung, baik lokal atau pun turis asing.

Berenang dengan hewan laut ini dapat Anda lakukan di beberapa titik di laut sekitar Labuan Bajo. Anda dibawa menyelam dan menikmati pemandangan laut yang sangat indah.

Selain ikan pari, biasanya wisatawan juga bertemu dengan kawanan ubur-ubur yang merupakan makanan bagi ikan pari. Pari Manta dikenal sebagai mahluk yang cukup ramah dengan penyelam.

Selain itu, jenis ikan ini juga tidak memiliki sengatan yang berbahaya. Walaupun tidak mengancam, sebaiknya penyelam tidak mengganggu kawanan ikan pari. Anda bisa berenang di dekatnya dan mengambil foto bawah laut untuk kenang-kenangkan.

Objek Wisata Alam di Sekitar Labuan Bajo NTT

Ragam wisata alam yang bisa ditemui antara lain adalah Goa Batu Cermin, Pulau Padar, Pulau Komodo, Pulau Bidadari, Bukit Cinta, dan Air Terjun Cunca Wulang.

1. Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin
Goa Batu Cermin

Objek wisata Goa Batu Cermin berada di sebelah timur laut dari pusat kota Labuan Bajo. Perjalanan untuk sampai di tempat ini kurang lebih 15 menit dengan kendaraan bermotor.

Tempat wisata ini merupakan kawasan perbukitan yang berupa batuan karang. Proses alami yang terjadi membuat permukaan dari batuan karang tersebut muncul ke permukaan.

Menurut sejarah, kawasan Flores dulunya memang berada di bawah permukaan laut. Di dinding goa ini bahkan ditemukan fosil penyu yang sudah menggantung. Seperti namanya, tempat ini memiliki fenomena pantulan layaknya cermin saat ada cahaya yang masuk dari celah-celah goa.

Pemandangan di dalam akan lebih sempurna saat ada air yang mengalir masuk yang biasanya terjadi saat musim hujan. Sebelum memasuki goa, sebaiknya wisatawan sudah membekali diri dengan senter karena kondisi di dalam goa yang gelap.

Artikel Terfavorite  Pulau Komodo Tawarkan Sensasi Berlibur Yang Luar Biasa!

2. Bukit Cinta

Bukit Cinta
Bukit Cinta

Tepat di belakang Bandara Komodo, terdapat kawasan perbukitan yang memiliki panorama alam yang cantik. Tempat tersebut adalah Bukit Cinta yang cukup sering didatangi wisatawan yang berlibur ke Labuan Bajo.

Untuk sampai di atas bukit, Anda tidak perlu berjalan mendaki karena sudah memiliki jalur khusus untuk kendaraan sepeda motor bisa naik. Pemandangan dari atas bukit yang bisa disaksikan adalah laut biru yang jernih dan bahkan terumbu karang di bawah air pun bisa terlihat dari kejauhan.

Tempat ini bisa dipilih untuk Anda yang ingin melepas penat dan sekedar bersantai. Bukit Cinta juga bisa menjadi pilihan tepat, apabila Anda ingin merasakan sensasi melihat pesawat yang akan mendarat dengan lebih dekat.

3. Pulau Kanawa

Wisata Pulau Kanawa
Wisata Pulau Kanawa

Salah satu wisata yang ada di Labuan Bajo Flores ini menyimpan keindahan alam yang sangat mempesona, bisa Anda kunjungi bersama keluarga dan juga kerabat tercinta. Disini Anda bisa melihat indahnya alam yang asri dengan pantai berpasir putih dan air laut yang berwarna biru menawan.

4. Pulau Komodo

Pulau Komodo
Pulau Komodo

Objek wisata yang tidak boleh terlewat saat Anda berlibur ke Labuan Bajo adalah Loh Liang. Objek wisata di Pulau Komodo ini merupakan kawasan khusus untuk melihat reptil raksasa.

Komodo di tempat ini dibiarkan hidup bebas di alam liar. Wisatawan yang akan memasuki tempat tersebut juga harus mengikuti instruksi dari pemandu untuk keamanan.

Selain di Wisata Komodo, wisatawan juga bisa melihat komodo yang hidup bebas di kawasan Loh Buaya di Pulau Rinca. Untuk wisatawan yang ingin bertemu kadal purba tersebut, perlu mendaki atau trekking terlebih dulu.

Selama perjalanan biasanya wisatawan akan bertemu hewan-hewan hutan seperti rusa, babi hutan, burung kakak tua, hingga ular. Sensasi yang luar biasa pastinya setelah Anda melihat langsung komodo.

Hewan ini merupakan karnivora yang indera penciumannya sangat tajam dengan bau darah. Untuk menghindari hal-hal buruk, biasanya wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan mendekat. Selain itu air liur Komodo juga sangat beracun, sehingga wisatawan harus tetap berhati-hati dan menjaga jarak.

5. Pulau Padar

Pulau Padar
Pulau Padar

Tidak lengkap rasanya kalau ke Labuan Bajo tidak mampir ke Pulau Padar. Pulau istimewa yang banyak dipuji karena keindahan alamnya. Pulau ini merupakan salah satu dari pulau yang ada di Kawasan Taman Nasional Komodo.

Bentuk dari pulau yang unik dan berlekuk-lekuk membuat banyak wisatawan tertarik untuk mendakinya. Biasanya foto di atas Pulau Padar menjadi oleh-oleh banyak dibawa wisatawan. Untuk sampai di atas, Anda perlu mendaki dengan perjalanan yang lumayan panjang.

Siapkan tenaga dan air minum, apabila Anda berniat untuk mendaki ke Pulau Padar. Pemandangan selama berada di sini dapat mengurangi rasa lelah saat mendaki. Padang rumput hijau dengan semilir angin pantai yang segar menemani Anda selama diwisata ini.

Nuansa yang berbeda juga bisa didapatkan, apabila Anda datang di musim kering. Rerumputan hijau yang ada di sini biasanya berubah menjadi kuning kecokelatan.

Pemandangan pun terlihat semakin hangat pada musim-musim tersebut. Namun perlu diperhatikan agar tidak bermain-main dengan api atau apapun yang bisa menghasilkan percikan api saat datang di musim kering.

6. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari
Pulau Bidadari

Di sebelah Barat Flores terdapat sebuah pulau yang memiliki pesona alam yang indah, yaitu Pulau Bidadari. Pulau ini adalah salah satu tempat yang memiliki  pemandangan cantik yang ada di Labuan Bajo.

Tepian pantai di kawasan ini memiliki pasir berwarna putih. Laut yang ada di sekelilingnya pun memiliki warna biru yang jernih. Banyak wisatawan yang mendatangi tempat ini untuk menikmati pemandangan alamnya yang mempesona.

Bagi penyelam yang masih belajar juga bisa memilih tempat ini untuk melakukan diving. Pulau Bidadari menjadi salah satu spot terbaik untuk wisatawan melakukan snorkeling. Ombak di pantai ini juga biasanya cukup tenang sehingga aman untuk Anda berenang.

Pulau Bidadari dapat ditempuh menggunakan kapal, perahu kecil, atau pun speedboat. Wisatawan dapat menikmati Pulau Bidadari dengan aman dan nyaman karena tidak ada komodo yang berkeliaran di tempat ini.

Artikel Terfavorite  Pulau Flores Suguhkan 7 Tempat Wisata yang Menakjubkan

Fasilitas-fasilitas wisata seperti cottage yang menyediakan mini bar, air panas, laundry, dan berbagai fasilitas lain sudah bisa Anda temukan di Pulau Bidadari ini. Sehingga Anda bisa menikmati liburan dengan kesan yang menyenangkan dan juga berkesan.

Wisata Budaya di Sekitar Kota Labuan Bajo

Ada beberapa kegiatan seru untuk lebih mengenal masyarakat dan budaya yang ada di Labuan Bajo, seperti beberapa kegiatan wisata berikut.

1. Mengunjungi Desa Liang Dara

Sebuah desa yang menjadi salah satu kawasan wisata adalah Liang Dara. Kawasan ini banyak dikunjungi wisatawan lokal dan asing untuk melihat lebih dekat kehidupan masyarakat di desa Liang Dara.

Di desa ini, Anda juga bisa melihat atraksi budaya seperti tarian caci yang sering diadakan di sanggar-sanggar. Bangunan-bangunan rumah masyarakat yang masih menggunakan gaya lama juga banyak mencuri perhatian wisatawan. Sekitar Desa ini juga bisa ditemui beberapa air terjun seperti wae satar, wae rebus, dan liang kantor.

2. Kampung Melo

Kampung Melo merupakan desa adat yang lokasinya masuk di daerah Manggarai Barat. Kampung ini berada di perbukitan yang memiliki pemandangan indah dari atas dan juga bagian lembahnya.

Desa ini dibuka untuk wisatawan umum yang ingin mengetahui tentang budaya dan suku asli yang ada di Kampung Melo NTT.

3. Desa Todo

Kawasan lain yang bisa Anda kunjungi adalah Desa Todo. Di desa yang masih menjaga adat istiadat dengan baik ini, Anda akan menemukan banyak hal yang menarik.

Mulai dari pemukiman masyarakat yang masih menggunakan bangunan tradisional hingga meriam-meriam kuno. Menjelajahi Desa Todo dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menambah wawasan.

Rumah-rumah warga yang unik dengan bentuk kerucut yang disebut Niang Womang bisa menjadi objek foto. Tidak menutup kemungkinan juga bagi pemilik rumah untuk mempersilahkan wisatawan masuk ke dalamnya.

Kegiatan budaya yang bisa disaksikan di Desa Todo antara lain adalah tarian bela diri atau Caci dan ritual yang disebut Wajo Mora. Wisatawan dapat bercengkerama dengan masyarakat lokal yang ramah. Selain itu, jangan lewatkan untuk mencoba makanan tradisional yang ada di sana.

Ini Tips Wisata Untuk Anda Ingin Berlibur di Florest

Kawasan wisata yang ada di sekitar Labuan Bajo memang menjadi destinasi impian bagi banyak wisatawan. Sebelum mengunjunginya, beberapa tips berikut bisa membantu Anda untuk dapat berwisata dengan lebih siap.

  • Merencanakan tujuan

Tempat wisata yang ada disini sangat banyak. Mulai dari pulau hingga labuan bajo beach yang indah bisa Anda kunjungi. Maka dari itu, sebaiknya Anda rencanakan terlebih dahulu tempat mana saja yang akan dikunjungi.

Sesuaikan dengan jadwal wisata yang Anda pilih agar tidak ada yang terlewat. Pilih tempat-tempat wisata yang ingin sekali Anda datangi atau tempat wisata yang dekat dengan tempat wisata lain.

  • Memilih waktu keberangkatan

Hal lain yang perlu Anda siapkan adalah memilih waktu keberangkatan. Perhatian waktu terbaik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Labuan Bajo yang Anda rencanakan.

Pertimbangkan waktu liburan dengan jadwal kegiatan Anda. Sebaiknya Anda pilih liburan dengan waktu yang lebih lama agar lebih banyak tempat yang bisa dinikmati.

  • Budget untuk wisata

Soal budget tentu tergantung dari masing-masing orang. Ada yang harus dengan budget tinggi, tetapi ada pula yang bisa ke Labuan Bajo dengan budget rendah.

Untuk berlibur ke sana sebaiknya rencanakan keuangan Anda dengan lebih baik. Mulai menabung khusus untuk liburan dan akomodasi selama di sana.

  • Menjaga kesehatan

Kesehatan menjadi hal penting yang perlu Anda siapkan sebelum liburan. Jaga kesehatan dan siapkan stamina untuk petualangan Anda ke tempat-tempat liburan impian Anda.

Selama berwisata walaupun mungkin hanya sehari saja, Anda juga akan melakukan banyak aktivitas sehingga stamina harus tetap dijaga.

Transportasi Yang Bisa Anda Gunakan Selama Wisata

Persiapkan diri Anda sebelum berwisata, dengan mengetahui transportasi apa saja yang tersedia dan bisa dipilih. Berikut adalah beberapa ulasan terkait transportasi menuju dan selama di Labuan Bajo.

  • Menuju Labuan Bajo
Artikel Terfavorite  Pulau Padar Tebarkan Pesona Menakjubkan Yang Wajib Anda Kunjungi

Wisatawan yang berkunjung ke daerah ini setiap tahunnya selalu naik. Sekitar 800.000 wisatawan datang untuk berlibur dan mengunjungi tempat-tempat wisata di kota labuan bajo dan di sekitarnya. Untuk mencapai kawasan tersebut, ada banyak pilihan transportasi.

Apabila Anda datang dari luar pulau, sebaiknya menggunakan jalur udara. Namun untuk di Bandara Komodo hanya pesawat-pesawat kecil atau narrow body yang bisa mendarat. Anda bisa masuk melalui Bali atau Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Setelah di Bali, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan pesawat yang lebih kecil ke Bandara Komodo. Untuk perjalanan yang lebih seru, Anda bisa melanjutkannya dengan menggunakan jalur laut.

Terdapat kapal yang bisa dinaiki untuk menyeberang dari Tanjung Benoa, Bali menuju pelabuhan Labuhan Bajo. Namun untuk kapal memang tidak setiap hari ada, jadi Anda perlu mengecek jadwalnya terlebih dulu.

  • Transportasi di kawasan wisata

Untuk menikmati alam yang ada di kawasan ini, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah transportasi. Sebagian besar objek wisata di sana berupa pulau, jadi kemungkinan besar Anda akan membutuhkan perahu atau pun kapal untuk menyeberang.

Selama di tempat wisata, turis bisa berjalan kaki sambil menikmati panorama alam yang ada. Bagi wisatawan yang tidak mau repot atau waktu liburannya terbatas, dapat menyewa mobil atau taxi. Apabila Anda sewa mobil, sebaiknya yang sudah menyediakan sopir karena bisa juga menjadi pemandu wisata Anda di sana.

 Tips Memilih Penginapan

Menjelajah kawasan wisata ini kebanyakan dilakukan dalam 3 hari atau lebih. Wisatawan perlu penginapan untuk beristirahat di malam hari dan mempersiapkan kembali stamina untuk melanjutkan perjalanan. Berikut tips untuk Anda yang membutuhkan penginapan di kawasan wisata ini.

  • Pilih penginapan sesuai budget

Tersedia banyak pilihan penginapan yang ada di kawasan ini. Mulai dari penginapan biasa hingga resort-resort mewah. Sebelum memesan kamar, sebaiknya pilih yang memang sesuai dengan budget Anda.

Bagi wisatawan dengan selera tinggi tentu bisa menginap di hotel berbintang yang nyaman dengan fasilitas lengkap. Namun untuk Anda yang berlibur ala backpacker dapat menyewa penginapan-penginapan murah. Apabila Anda punya kerabat atau kenalan, bisa saja Anda mendapat penginapan gratis di rumah mereka.

  • Membaca review tentang penginapan

Sebelum Anda menyesal memesan kamar hotel karena tidak sesuai ekspektasi, sebaiknya perbanyak baca review mengenai hotel yang akan Anda pilih.

Kebanyakan review dari orang-orang yang sudah pernah menginap di hotel yang ada di Labuan Bajo umumnya memiliki pandangan yang lebih objektif. Mulai dari kenyamanan hotel, kemudahan akses menuju hotel, pelayanan, fasilitas, hingga kebersihan hotel.

  • Lokasi penginapan

Wisata di Labuan Bajo kebanyakan pindah dari pulau satu ke pulau lainnya. Wisatawan sebaiknya memilih penginapan yang lokasi berada di pelabuhan.

Hotel-hotel yang ada di sekitar pelabuhan ini sudah cukup banyak. Lokasi yang dekat tersebut tentu akan membantu Anda untuk lebih mudah melakukan perjalanan ke pulau lain selama liburan.

Tips untuk Anda yang baru Pemula Traveling

Bagi Anda yang baru pertama kali akan melakukan perjalanan wisata ke Labuan Bajo, dapat menyimak beberapa tips berikut.

  • Biaya perjalanan dan selama berwisata

Untuk masalah biaya dapat diatur sendiri sesuai isi kantong. Anda bisa membuatnya mahal atau Anda dapat mengontrolnya agar lebih hemat sesuai budget. Siapkan uang tunai yang cukup agar selama liburan tidak perlu repot mencari ATM.

  • Musim liburan

Perlu diketahui bahwa untuk menikmati tempat-tempat wisata yang ada di sana memang lebih nyaman antara bulan April hingga September. Pemilihan waktu tersebut untuk menghindari musim hujan yang bisa saja membuat liburan terganggu.

Namun di bulan-bulan tersebut juga termasuk high season, dengan jumlah wisatawan yang tinggi. Harga makanan, sewa penginapan, hingga jasa pemandu wisata juga bisa ikut naik.

  • Membeli oleh-oleh

Sudah menjadi tradisi bagi sebagian masyarakat untuk membeli oleh-oleh sepulang liburan. Ada banyak barang kerajinan yang khas untuk dijadikan buang tangan setelah Anda berlibur ke Labuan Bajo.

Namun satu hal yang perlu diingat, khususnya untuk wisatawan lokal agar menawar sebelum membeli oleh-oleh. Penjual yang ada di sana tentu ingin mendapatkan keuntungan dari para wisatawan yang datang, tetapi mereka juga bisa ramah dan memberikan harga yang lebih rendah jika Anda pandai dalam tawar-menawar.

  • Mempertimbangkan jasa agen perjalanan

Untuk membantu Anda mendapatkan pengalaman liburan yang lebih maksimal tidak ada salahnya untuk menggunakan agen travel. Jasa perjalanan wisata seperti ini sangat membantu, terutama untuk Anda yang tidak berani liburan sendiri. Namun pilih dengan cermat, jasa yang akan Anda pilih untuk liburan.

Selain ulasan di atas, Anda juga bisa menambah informasi dari mereka yang sudah pernah berlibur ke Labuan Bajo. Anda bisa membaca banyak pengalaman yang dibagikan wisatawan di internet untuk persiapan liburan Anda.

Ingin liburan Anda lebih berkesan dan menyenangkan? Yuk liburan bersama Wisata Plus. Kenapa ? Karena Wisata Plus adalah sahabat wisata Anda, sehingga Anda nyaman berwisata bersama kami dengan pengalaman mengunjungi objek wisata favorit seperti bahasan diatas. Yuk rencakan sekarang juga 🙂

Share agar temanmu tahu keindahan wisata ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Wisata yang lagi HITS! Coba Yuk :)

Hubungi kami dan dapatkan penawaran spesial di Komodo

Artikel Menarik Lainnya :)