Kanawa Island Tawarkan Pesona Memikat Yang Luar Biasa

kanawa island

Yuk bantu Share keindahan pariwisata Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Kanawa Island – Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki sejumlah pulau yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari pulau-pulau yang pasti sudah tidak asing namanya seperti Bali dan Lombok, hingga pulau-pulau kecil yang mungkin masih baru di telinga Anda.

Keindahan alam hingga budaya lokalnya menjadi daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan betah berkunjung, baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Salah satunya yang memiliki keindahan luar biasa adalah Kanawa Island.

Wisata Pulau Kanawa
Wisata Pulau Kanawa

Lokasinya ada di Flores. Pulau ini terutama dikenal karena terumbu karang yang indah mengelilingi pulau. Selain itu, pantainya berpasir putih serta lautnya yang bening juga menambah keindahan dan daya tariknya pulau ini.

Kanawa Island Labuan Bajo Yang Wajib Dikunjungi

Sekilas, nama pulau ini sedikit mirip dengan pulau kecil yang letaknya tak jauh dari Pelabuhan Poto Tano di Sumbawa, yaitu Pulau Kenawa.

kanawa island
kanawa island

Namun, keduanya sebenarnya berbeda. Kanawa Island yang ada di Flores sendiri dikelola oleh seorang berkebangsaan Italia. Luasnya sekitar 32 hektar dengan adanya bungalow di bibir pantai, serta pelabuhan kecil yang digunakan wisatawan untuk melabuhkan perahunya.

Sebelum dikelola oleh warga negara Italia, pulau ini awalnya berada di bawah pengelolaan warga Labuan Bajo. Karena adanya pengelola, wisatawan harus mengikuti prosedur untuk masuk ke dalam pulau. Salah satu dari prosedur itu ialah menggunakan kapal yang sudah disediakan pihak pengelola untuk urusan antar jemput.

Pulau Kanawa NTT
Pulau Kanawa NTT

Agar dapat menuju Pulau Kanawa, diharuskan memulai perjalanan dari Labuan Bajo dengan jadwal pemberangkatan pukul 12.00 serta esok harinya kembali dari pulau pukul 08.00. Sebelum berkunjung ke Kanawa Island, sebaiknya Anda lakukan reservasi tempat terlebih dahulu.

Ini karena Kanawa Island menjadi salah satu tempat liburan favorit wisatawan mancanegara. Booking penginapan bisa dilakukan antara 1 hingga 2 bulan sebelum waktu liburan. Penginapan yang ekonomis berupa tenda dome yang dilengkapi matras tebal, selimut serta bantal.

tenda dome pulau kanawa
tenda dome pulau kanawa

Penyewaan tenda dome akan memberi sensasi seperti tengah camping di pulau. Jenis penginapan lain yang tersedia ialah bungalow serta rumah bale-bale seperti gazebo. Fasilitas di rumah bale-bale termasuk tempat tidur lengkap dengan bantal dan kelambu, lampu serta stop kontak.

Harga penginapan akan bervariasi. Baik tenda camping maupun bale-bale memiliki kamar mandi terpisah. Sementara untuk bungalow, kamar mandinya sudah berada dalam satu bangunan.  Dibutuhkan waktu kira-kira 1.5 jam untuk berlayar menuju Pulau Kanawa labuan bajo.

Makin dekat, keindahannya akan semakin terlihat. Pantai pasir putihnya terlihat sangat mengundang siapapun untuk bermain di atasnya. Hamparan karang juga akan terlihat dari atas permukaan air.

Selain itu, latar belakang bukit yang dilengkapi rerumputan berwarna kekuningan semakin menambah kesan eksotis pulau ini. Saat kapal merapat di sebuah dermaga kecil, kita juga bisa melihat beberapa ekor anakan hiu yang berenang di wilayah perairan dangkal.

Terumbu karang juga bisa ditemukan tumbuh subur di sekeliling Kanawa Island. Apalagi saat menjelang sore hari, air laut akan surut dan kita bisa melihat pemandangan indah sembari memunguti kepiting maupun binatang laut lain yang terdampar di pinggir pantai.

Artikel Terfavorite  Pulau Komodo Tawarkan Sensasi Berlibur Yang Luar Biasa!

Wisatawan yang gemar snorkelling bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan menyewa peralatan snorkelling, Ada banyak spot snorkelling yang tersebar di seluruh penjuru pulau. Apabila kita memiliki izin menyelam, maka bisa langsung menuju dive center yang memiliki layanan menyelam.

Sekedar berjalan-jalan di pinggir pantai pun sudah jadi pengisi waktu luang, yang menyenangkan kala berlibur ke wissata ini. Pasalnya, pemandangan indah yang terhampar akan sangat memanjakan mata.

Selain itu, deretan pepohonan yang ada di pinggir pantai akan dapat dijadikan tempat duduk santai sembari menikmati sepoinya angin. Di sore hari, kita bisa mendaki bukit untuk menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbenam. Bukitnya memang tidak tinggi, namun jalur pendakiannya cukup menantang.

Ada banyak batu dan pasir serta kontur terjal yang jadi rintangan. Untuk bisa sampai ke puncak bukit, kita tidak selamanya berjalan tegak maupun membungkuk, namun sesekali bahkan harus merayap dan berpegagan ke rumput liar.

Di pertengahan bukit Kanawa labuan bajo ini, kita bisa berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan sebelum melanjutkan perjalanan. Bahkan, telah disediakan tempat khusus bagi pendaki bukit yang ingin beristirahat. Terdapat dipan bambu yang bisa diduduki sambil melihat pemandangan dari ketinggian.

Dari titik ini saja telah dapat dilihat gradasi warna laut biru muda, tosca hingga biru tua. Kita juga dapat melihat Pulau Flores dari kejauhan yang tampak seperti benteng kokoh. Deretan kapal layar yang bergerak perlahan semakin menambah keindahan.

Siapkan kamera untuk mengabadikan momen indah ini. Jangan sampai terlewat sebelum kita melanjutkan perjalanan sampai ke puncak bukit dan menyaksikan keseluruhan pemandangan yang ada.

Begitu tiba di puncak bukit, lautan biru akan tampak membentang luas di timur, selatan serta barat. Sementara di bagian utara terdapat bukit yang lebih menjulang lagi. Suasana matahari senja tampak kemerahan dari atas bukit dan sangat syahdu.

Semilir angin menerpa wajah dan membuat kita bagai berada di dongeng keindahan yang terbawa tenggelamnya matahari. Pemandangan matahari terbenam di atas bukit Kanawa Island tidak boleh dilewatkan, terutama apabila kita memang gemar memburu saat-saat matahari terbenam di pinggir pantai.

Pastinya kita tidak boleh melewatkan pemandangan ini dengan mengabadikannya melalui foto-foto. Siapkan kamera ponsel maupun kamera digital dan bawalah baterai cadangan apabila dirasa perlu.

Suasana malam pulau kanawa di labuan bajo bisa dihabiskan dengan mengobrol bersama teman-teman karena tidak ada fasilitas TV di penginapan tenda dome. Berada di Kanawa memang ditujukan agar pengunjungnya bisa mengasingkan diri dari keriuhan suasana kota serta menikmati kesunyian alam.

Bahkan, penggunaan listrik di sini juga dibatasi, karena hanya akan dinyalakan mulai pukul 6 sore hingga 11 malam. Pada jam-jam tersebut, wisatawan hendaknya bergegas mengisi ulang baterai ponsel, kamera maupun perangkat elektronik lainnya.

Restoran akan semakin ramai di malam hari karena menjadi satu-satunya tempat di mana semua pengunjung bisa bersantai serta bersantap bersama. Menu makanannya didominasi kuliner khas Italia. Namun, kita tetap bisa menemukan ragam menu kuliner lokal disini.

Artikel Terfavorite  Pulau Padar Tebarkan Pesona Menakjubkan Yang Wajib Anda Kunjungi

Pada pukul 11 malam saat listrik telah dipadamkan, kita bisa dengan mudah melihat jutaan bintang di atas langit. Kita juga dapat menyempatkan diri duduk-duduk di dermaga sembari menikmati galaksi Milky Way dengan kelap-kelip bintang di atas.

Suasananya hening dan syahdu, sehingga lelah yang dirasa akan digantikan kegembiraan karena berada di alam yang sangat indah. Kanawa Island memang terbilang cocok bagi mereka yang ingin melepaskan diri dari padatnya rutinitas harian.

Keindahan pulau akan membuat siapapun yang sudah berkunjung ingin mendatanginya lagi untuk kali kedua. Pulau Kanawa wajib masuk daftar liburan yang patut dikunjungi terutama apabila kita membutuhkan ketenangan jiwa.

Pulau Kanawa sudah populer terutama di kalangan backpacker, atau mereka yang gemar bepergian dengan budget terbatas. Backpacker yang sudah pernah liburan ke Labuan Bajo terutama akan sulit melupakan keindahan Kanawa.

Pasalnya, pulau ini memang terletak dekat Pulau Rinca serta Wisata Komodo sehingga siapapun yang datang ke Labuan Bajo takkan melewatkan kesempatan untuk turut mendatangi Kanawa. Bisa dibilang Kanawa Island ialah surga tersembunyi di mana wisatawan disuguhkan pemandangan laut yang bisa dilihat dari atas bukit.

Selain itu, wisata bawah lautnya juga tak kalah mengagumkan serta menantang. Wisatawan akan bisa melihat deretan terumbu karang dari bibir pantai ataupun perahu yang ditumpangi, baik terumbu karang keras maupun lunak.

3 Cara Berkunjung ke pulau kanawa di labuan bajo

kanawa labuan bajo
kanawa labuan bajo

Apabila kita tertarik menghabiskan waktu libur dengan cara backpacker ke Kanawa Island, berikut adalah beberapa rekomendasi rute yang bisa ditempuh. Pulau Kanawa sendiri ada di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Lokasi persisnya kira-kira 10 km dari Labuan Bajo. Untuk mencapai Labuan Bajo dengan biaya terjangkau, kita bisa transit di Bali atau Lombok dulu. Dari sana, kita akan bisa memilih satu dari tiga alternatif transportasi yang bisa membawa ke Pulau Kanawa. Ketiganya masing-masing adalah lewat udara, darat serta laut.

1. Lewat Jalur Udara

Jalur ini merupakan jalur paling efektif untuk membawa kita ke Labuan Bajo. Terdapat beberapa penerbangan dari maskapai berbeda yang dapat dimanfaatkan. Di antaranya adalah NAM Air, Wins dan Garuda.

2. Lewat Jalur Darat

Perjalanan darat menggunakan bus menuju Labuan Bajo dan Kanawa Island bisa memakan waktu hingga beberapa hari. Akan tetapi, rutenya cukup menantang dan cocok bagi kita yang gemar akan petualangan.

Keseruan selama perjalanan ini akan menambah pengalaman selama liburan. Rutenya dimulai dari Terminal Ubung di Bali yang disambung dengan bus menuju Sumbawa Besar.

Begitu sampai di Sumbawa Besar, perjalanan dilanjutkan dengan mobil travel. Tujuannya adalah ibukota Bima.

3. Lewat Jalur Laut

Perjalanan menuju Kanawa Island juga bisa ditempuh melalui jalur laut, terutama bagi kita yang ingin santai saja menuju kesana. Dari Pelabuhan Benoa, terdapat sedikitnya dua kapal motor yang siap mengantar menuju Labuan Bajo. Keduanya adalah KM Wilis dan KM Tilongkabila. Waktu tempuhnya mencapai 36 jam untuk tiba di Labuan Bajo.

Artikel Terfavorite  Pulau Rinca Destinasi Unik Saksikan Komodo Dari Dekat

Begitu sampai di Labuan Bajo, baik lewat jalur udara, darat maupun laut, kita wajib melanjutkan perjalanan menggunakan kapal yang lebih kecil. Terdapat dua jenis kapal yang siap melayani, yaitu kapal gratisan serta kapal sewa.

Untuk shuttle boat gratis telah disediakan pihak pengelola resort Kanawa Island Beach Bungalows yang berasal dari Labuan Bajo. Otomatis, kita harus terlebih dulu melakukan reservasi sejak awal. Jika kita tidak memiliki rencana menginap, bisa sewa shuttle boat.

Supaya tidak berat, kita bisa patungan dengan wisatawan lain dalam satu rombongan. Perjalanan dari Labuan Bajo menuju Kanawa Island memakan waktu kira-kira dua jam lamanya.

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Kanawa Island

Bagi kita yang baru pertama kali mengunjungi Pulau Kanawa, berikut adalah lima hal yang harus dilakukan selagi berada di sini. Tentunya kita tidak mau jauh-jauh menuju pulau terpencil hanya untuk sekedar melihat-lihat pemandangannya saja.

1. Menyelam dan Fotografi Bawah Air

Air laut di pulau ini terkenal karena warnanya yang jernih serta tenang. Anda akan bisa menyelam serta mengambil foto di bawah air tanpa khawatir terganggu arus yang deras maupun gelombang tinggi.

Siapapun akan suka aktivitas ini karena kita bisa melihat dengan jelas pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan.

Ragam binatang laut termasuk bayi-bayi hiu akan dapat kita saksikan di sini. Jangan lupa juga untuk mengabadikan keindahan bawah laut Kanawa Island dengan kamera bawah air. Siapkan baterai cadangan kalau merasa diperlukan.

2. Relasasi

Lokasi pulau yang cukup jauh membuatnya sebagai tempat relaksasi yang ideal. Tidak ada kebisingan yang bisa mengganggu pikiran. Atmosfernya sangatlah menenangkan untuk liburan sehingga membuat kita bisa melupakan penat dan lelah dari aktivitas sehari-hari.

Pulau ini sekaligus jadi favorit wisatawan di antara pulau-pulau lain yang ada di Taman Nasional Komodo. Pasir pantainya ibarat kristal karena sangat putih dan bening. Kita bisa bersantai dengan cara merebahkan diri di atas pasir, sembari menikmati terpaan angin serta hangatnya sinar mentari.

Bagi kita yang gemar buih air, bisa menuju bibir pantai serta menikmati riak air di kaki. Pulau ini sendiri memiliki luas kira-kira 28 hektar saja dan seluruh pemandangannya akan sangat memanjakan mata.

3. Menikmati Matahari Terbit dan Terbenam

Sunset maupun sunrise bisa sama-sama disaksikan di Kanawa Island. Pemandangan ini mungkin bisa jadi sangat langka, terutama apabila kita tinggal di wilayah perkotaan yang didominasi gedung-gedung pencakar langit. Saat tiba di Pulau Kanawa, kita bisa menikmati dua momen tersebut sekaligus.

Mulai pukul 5 pagi, kita sudah bisa melihat matahari terbit sembari menghangatkan tubuh. Sementara pada sore harinya, akan ada pemandangan yang disebut golden sunset karena matahari terbenamnya menghasilkan warna emas yang sangat indah.

4. Tinggal di Bale-Bale

Liburan di pantai dan menetap di resort pastilah hal yang lumrah. Akan tetapi saat berada di Kanawa Island, sudah ada banyak bale-bale yang disediakan di dekat pantai. Bale-bale ini mirip gazebo yang dibuat dari kayu dan bambu serta bersifat terbuka dengan tambahan tirai.

Di sini, kita bisa beristirahat serta memandang laut sehingga menimbulkan kesan seolah tengah menyatu dengan alam.

Walau dibuat dari bambu, namun tidak perlu khawatir akan merasa kepanasan maupun kedinginan. Tirai yang ada akan menutupi kita serta memberi tambahan privasi. Pada masing-masing bale-bale juga telah dilengkapi toilet yang bersih serta aman.

5. Naik Bukit

Pada bagian tengah pulau, akan ditemukan bukit yang tingginya sedang. Kita bisa mendakinya karena ada banyak burung-burung cantik yang bisa dijadikan objek fotografi.

Tidak ada pohon tinggi di atas bukit melainkan hanya rerumputan dengan tinggi kira-kira 15 cm. Kita bisa tetap melihat pemandangan laut di sekitar Kanawa Island dari ketinggian sembari bersantai.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Kanawa Island serta informasi lengkap seputar objek wisata ini. Jangan lupa masukkan Pulau Kanawa dalam agenda liburan akhir pekan, agar bisa mengusir rasa penat dan lelah Anda dari aktifitas.

Yuk liburan di pulau Kanawa bersama Wisata Plus 🙂

Share agar temanmu tahu keindahan wisata ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Wisata yang lagi HITS! Coba Yuk :)

Hubungi kami dan dapatkan penawaran spesial di Komodo

Artikel Menarik Lainnya :)