Backpacker ke Labuan Bajo Harga Hemat Wisata Puas

Gili Lawa

Yuk bantu Share keindahan pariwisata Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Backpacker ke Labuan Bajo menjadi salah satu cara untuk Anda yang ingin menikmati liburan dengan lebih murah. Kawasan wisata di timur Indonesia tersebut memang menjadi destinasi impian bagi banyak orang.  Tempat-tempat keren yang bisa dikunjungi adalah sebagai berikut.

15 Daftar Tempat Wisata Backpacker ke Labuan Bajo

Daftar tempat wisata berikut bisa menjadi referensi untuk destinasi liburan bagi backpacker ke labuan bajo.

  • Pulau Komodo
Pulau Komodo
Pulau Komodo

Pulau yang memiliki Taman Nasional Komodo ini menjadi tujuan utama untuk backpacker ke labuan bajo. Pengunjung akan dituntun oleh seorang naturalist guide yang membantu mengarahkan dan memberikan penjelasan sebelum memasuki wilayah yang dihuni komodo.

Untuk alasan keamanan, biasanya wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan masuk ke kawasan yang menjadi habitat komodo. Tidak hanya melihat reptil purba saja, pengunjung bisa menjelajah pulau, mendaki ke atas bukit, dan menemukan beberapa satwa liar seperti babi hutan.

  • Pulau Padar
Wisata Nusa Tenggara Timur
Wisata Nusa Tenggara Timur

Tempat wisata yang satu ini terkenal sebagai spot favorit bagi wisatawan yang pernah ke Labuan Bajo. Pulau unik dengan hamparan rumput yang tidak ditumbuhi pohon-pohon besar. Untuk yang mencoba backpacker ke tempat ini jangan lupa menggunakan sepatu yang nyaman.

Walaupun tidak bisa menemukan komodo, di pulau ini wisatawan akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa indah. Puncak dari Pulau Padar merupakan titik terbaik untuk dapat melihat pemandangan yang terbaik dan mengambil foto untuk oleh-oleh wisata komodo.

  • Pulau Rinca
pulau rinca flores
pulau rinca flores

Tempat wisata lain untuk perjalanan backpacker ke labuan bajo yang seru adalah ke Pulau Rinca. Pemandangan ikonik yang bisa disaksikan di tempat ini adalah komodo. Reptil besar tersebut memang hidup di Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Wisatawan akan dipandu untuk memasuki tempat wisata ini dan bertemu dengan komodo yang dibiarkan hidup liar. Pemandangan alam di Pulau Rinca juga eksotis dengan padang rumputnya dan lanskap dari pantainya yang berpasir putih.

  • Pulau Kelor
Pulau kelor
Pulau kelor

Menjelajah pulau-pulau memang menjadi kegiatan yang dilakukan saat wisata ke Labuan Bajo. Salah satu pulau yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Kelor yang memiliki lanskap cantik. Ada banyak spot kece untuk selfie atau berfoto.

Pulau ini termasuk sepi, jadi cocok untuk sedang mencari ketenangan. Bersantai di pantai yang berpasir putih dan lembut. Trekking ke atas bukit juga bisa menjadi kegiatan seru di sana. Untuk memaksimalkan liburan, coba juga snorkeling atau diving untuk melihat keindahan bawah laut Pulau Kelor.

  • Pulau Kanawa
kanawa labuan bajo
kanawa labuan bajo

Backpacker ke labuan bajo akan semakin lengkap, jika sudah menginjakkan kaki ke Pulau Kanawa. Pulau ini lokasinya berada dekat dengan Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Untuk mencapai Pulau Kanawa bisa menyeberang melalui Labuan Bajo dengan berjalanan sekitar dua jam.

Pulau eksotis ini menawarkan pemandangan hijau dan pantai berpasir putih dengan suasana yang tenang. Pemandangan bawah lautnya juga tidak kalah indah. Selain itu, pengunjung bisa memburu sunset di puncak Kanawa untuk menutup hari.

  • Pulau Bidadari
Pulau Bidadari
Pulau Bidadari

Pulau kecil yang ada di kawasan wisata komodo ini bisa ditempuh sekitar 10 menit dari Pulau Komodo. Pulau yang memiliki luas sekitar 15 hektare ini bisa dijelajahi baik pantai atau bawah lautnya.

Artikel Terfavorite  Pulau Komodo Tawarkan Sensasi Berlibur Yang Luar Biasa!

Bersantai di atas pasir putih pantai bisa mejadi kegiatan selama berada di Pulau Bidadari. Untuk yang senang dengan air, bisa mencoba snorkeling maupun diving. Pemandangan bawah laut di tempat ini cukup bagus dengan karang yang masih terjaga baik.

  • Pulau Kalong
pulau kalong
pulau kalong

Pemandangan di Pulau Kalong mungkin jarang ditemui di tempat-tempat wisata komodo. Pengalaman seru untuk backpacker ke labuan bajo tidak ada salahnya mengunjungi pulau yang berada di antara Pulau Papagarang dan Pulau Rinda ini.

Pengalaman melihat langsung jutaan kalong yang menjadi satu-satunya penghuni Pulau Kalong. Untuk menikmati pemandangan tersebut adalah di waktu senja saat kalong-kalong keluar dari sarang untuk terbang mencari makan.

  • Pink Beach
backpacker ke labuan bajo
Pantai Pink

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Pink, pesona dari pantai unik ini sudah membuat kagum banyak wisatawan yang datang. Pasir pantai berwarna merah muda yang ditemukan di Pink Beach berasal dari pecahan karang dan cangkang berwarna merah yang bercampur dengan pasir putih.

Tidak hanya unik dan indah di darat saja, tempat wisata ini memiliki pemandangan laut yang memanjakan mata. Cocok untuk backpacker sejati yang menyukai kegiatan snorkeling.

  • Manta Point
Manta Point
Manta Point

Manta point terletak di tepian kawasan Labuan Bajo yakni Loh Liang, yang berjarak sekitar 4-6 jam dari Pantai Pink. Tempat tersebut menjadi lokasi yang paling bagus untuk melihat langsung manta ray. Kebanyakan ikan pari khas Indonesia yang bisa dilihat ukurannya kurang lebih 3 meter.

Ada yang kurang jika backpacker ke labuan bajo tidak mengunjungi spot ini. Selain manta, pengunjung bisa melihat koloni ubur-ubur yang merupakan makanan bagi para manta.

  • Bukit Cinta
Bukit Cinta
Bukit Cinta

Menikmati Labuan Bajo bisa dengan mampir ke bukit cinta yang cukup sepi dan tenang untuk bersantai. Puncak dari Bukit Cinta adalah titik terbaik untuk menikmati panorama alam yang ada dan juga keindahan pemandangan saat matahari terbenam.

Bukit yang menawarkan suasana romantis ini bisa ditempuh dengan berjalanan darat dari Labuan Bajo sekitar 15 menit. Pengunjung bisa trekking menuju puncak dalam waktu kurang lebih 10 menit.

  • Mirror Cave

Sempatkan juga ke Mirror Cave dalam perjalanan backpacker ke labuan bajo yang tidak terlupakan. Tiket masuk ke kawasan wisata ini sangat murah dan pemandangan di dalam gua tidak akan mengecewakan.

Gua yang dulunya berada di dasar laut ini memiliki pemandangan yang unik karena ada fosil hewan laut yaitu kura-kura yang menempel di dinding gua. Keindahan stalagtit dan stalagmit di Mirror Cave ini juga masih terjaga dengan baik.

  • Gili Lawa
Gili Lawa
Gili Lawa

Padang rumput yang terhampar luar dan pantai-pantai yang berpasir putih adalah sajian alam yang ada di Gili Lawa. Panorama laut biru toska hingga biru gelap bisa dilihat di tempat ini.

Hal yang paling menjadi perhatian saat mengunjungi tempat ini adalah untuk tidak membawa atau melakukan sesuatu yang bisa memicu percikan api. Hal tersebut untuk mencegah hal-hal buruk mengingat kondisi dari kawasan ini yang memang gersang dan mudah terbakar.

  • Taka Makassar
Taka Makassar
Taka Makassar

Pulau kecil dengan panorama yang indah ini sebaiknya masuk dalam daftar wisata backpacker ke labuan bajo. Taka Makassar merupakan pulau unik yang hanya akan terlihat saat air laut sedang surut. Pulau yang diselimuti oleh pasir putih halus dan membentuk lengkungan seperti angka sembilan.

Artikel Terfavorite  Pulau Rinca Destinasi Unik Saksikan Komodo Dari Dekat

Wisatawan juga bisa melakukan kegiatan seru seperti menyelam. Pemandangan dari terumbu karang yang masih terjaga menjadi sajian dari tempat ini.  Namun arus di sekitar Taka Makassar tergolong cukup deras, sehingga perlu pemandu agar wisatawan dapat menyelam dengan lebih aman.

  • Goa Batu Cermin
Goa Batu Cermin
Goa Batu Cermin

Lokasi dari goa batu cermin berada di Desa Wae Sambi, Manggarai Barat. Biasanya wisatawan akan diberikan helm sebelum memasuki gua. Kondisi gua juga gelap, jadi sebaiknya tidak lupa untuk membawa atau menyalakan senter.

Wisatawan yang bisa menyaksikan fenomena batu cermin tentu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Fenomena tersebut dapat dilihat sekitar jam 9 pagi hingga jam 12 siang, saat ada sinar matahari yang masuk dari lubang di atas gua yang bisa memantulkan cahaya sehingga membuat gua menjadi terang.

  • Wae Rebo
Wae Rebo
Wae Rebo

Merasakan Indonesia timur yang sesungguhnya mungkin menjadi pengalaman baru bagi yang mengunjungi desa wisata Wae Rebo. Rumah-rumah tradisional yang berbentuk kerucut dengan warna hitam dan pemandangan perbukitan hijau adalah ciri khas dari tempat ini.

Rugi jika backpacker ke labuan bajo tidak mampir ke Wae Rebo. Penduduk yang tinggal di sana terkenal ramah dengan para wisatawan. Saat di Wae Rebo sebaiknya menghormati adat atau peraturan yang ada di sana.

Sebelum Backpacker ke Labuan Bajo Ketahui Hal Ini Dulu

Menikmati perjalanan seru dengan backpacker ke labuan bajo tentu butuh persiapan. Ketahui dulu beberapa hal berikut jika berencana melakukan perjalanan wisata ke Labuan Bajo dengan cara backpacker.

  • Transportasi murah menuju labuan bajo

Kebanyakan wisatawan yang datang ke labuan bajo adalah menggunakan jalur udara. Sementara itu, untuk transportasi selama di Labuan Bajo ada beberapa pilihan untuk lebih hemat. Wisatawan dapat menghubungi Wisata Plus untuk membantu mobilitas selama berada di Labuan Bajo.

Menyewa kendaraan akan memudahkan wisatawan untuk menjelajah lebih banyak tempat-tempat keren di sekitar Labuan Bajo. Untuk yang melakukan backpacker ke labuan bajo bisa pergi beramai-ramai. Cara tersebut dapat membantu berhemat karena untuk transportasi bisa dibayar patungan.

Wisatawan juga bisa menyewa kapal untuk menjelajah lebih banyak tempat mengingat kawasan wisata labuan bajo yang berupa pulau-pulau. Jika tidak menyewa kapal sendiri, ada juga perahu-perahu yang siap membantu wisatawan menyeberang ke pulau yang ada di sana.

  • Menghindari peak season

Saat musim liburan tiba memang kebanyakan orang akan menghabiskan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat kece termasuk labuan bajo. Namun jika ingin liburan dengan backpacker ke labuan bajo yang murah sebaiknya tidak berangkat saat high season.

Untuk yang berniat backpacker ke labuan bajo memang sebaiknya menghindari peak season karena biasanya harga penginapan dan tiket akan lebih tinggi. Lebih disarankan untuk datang saat weekdays. Selain untuk berhemat, liburan pun akan lebih puas karena tempat wisata yang tidak terlalu penuh pengunjung.

Artikel Terfavorite  Pulau Padar Tebarkan Pesona Menakjubkan Yang Wajib Anda Kunjungi

Waktu terbaik untuk datang ke labuan bajo adalah bulan Maret sampai Mei. Pada bulan-bulan tersebut, biasanya wisatawan yang datang tidak terlalu padat. Saat jumlah kunjungan tinggi, beberapa tempat wisata bisa penuh dan wisatawan perlu antri untuk masuk.

  • Memilih penginapan sesuai budget

Untuk masalah akomodasi memang sesuai selera masing-masing wisatawan. Ada banyak pilihan penginapan yang menawarkan kamar dan harga yang berbeda-beda. Namun untuk backpacker sebaiknya memilih penginapan yang memang sesuai dengan budget.

  • Ciao Hostel

Salah satu pilihan penginapan untuk perjalanan backpacker ke labuan bajo adalah Ciao Hostel. Penginapan yang murah untuk backpacker ini menawarkan kamar dengan pemandangan yang menghadap laut. Berlokasi di jalan Golo Silatey, hostel ini juga menyediakan jasa antar jemput gratis dari bandara.

  • Sunset Hill Hotel

Untuk backpacker yang membutuhkan kamar nyaman dengan tarif murah, juga bisa bermalam di Sunset Hill Hotel. Penginapan untuk backpacker ini berlokasi di Jalan Dusun Bandara. Hotel tersebut termasuk salah satu hotel yang menyediakan kamar yang menghadap laut.

  • De Chocholate Hostel

Penginapan yang cocok untuk kantong backpacker ke labuan bajo dan lainnya adalah De Chocolate Hostel. Tidak hanya bisa beristirahat nyaman di kamar dan melihat pemandangan laut, pengunjung juga bisa menggunakan balkon yang ada di beberapa kamar yang tersedia.

  • Kuliner di kaki lima

Untuk masalah makan, tidak ada salahnya backpacker ke labuan bajo dan mencoba kuliner di kaki lima. Banyak pilihan tempat yang menyajikan makanan khas dengan rasa yang tidak kalah lezat dengan menu yang ada di restoran.

  • Ikan kuah asam

Hidangan asli dari Labuan Bajo yang bisa dicoba adalah ikan kuah asam. Rasanya segar dari bumbu dan ikan yang masih segar akan membuat makan terasa lebih nikmat.

Menu yang identik dengan kuah berwarna kuning ini memiliki rasa yang sedikit asam karena ada belimbing wuluh di dalamnya. Lebih nikmat disantap dengan nasi yang masih hangat.

  • Jagung bose

Melengkapi wisata komodo dengan berburu kuliner khas labuan bajo tentu akan menyenangkan. Salah satu makanan asli dari daerah tersebut adalah jagung bose. Menu olahan jagung memang banyak ditemukan di daerah labuan bajo.

Untuk jagung bose ini terbuat dari beberapa campuran seperti jagung dan kacang tanah. Memiliki rasa manis dan nikmat dari jagung yang sudah ditumbuk terlebih dulu. Selain manis, makanan khas ini juga gurih karena ada campuran santan kelapa.

  • Kolo

Kolo merupakan nasi bakar khas yang bisa dicoba saat backpacker ke labuan bajo. Terbuat dari nasi yang diberi bumbu asli labuan bajo dan dibakar dalam sebuah bambu. Memasak kolo bisa memakan waktu hingga setengah jam hingga nasi dan bumbunya matang.

Wisata kuliner akan lebih puas jika bisa mencicipi kolo yang masih panas atau baru matang. Bagi pecinta nasi bakar tentu tidak boleh melewatkan makanan yang satu ini.

  • Sambal ikan teri

Makanan ini mudah sekali ditemukan di tempat-tempat makan atau warung. Cocok bagi backpacker ke labuan bajo untuk mengisi perut. Selain harganya yang terjangkau, makanan ini bisa dicoba bagi wisatawan yang suka dengan rasa pedas.

Bahan utamanya yaitu ikan teri biasanya masih dalam kondisi yang segar sehingga rasa makanannya pun lebih enak. Sambal ikan teri bisa menjadi teman untuk menyantap kolo yang hangat.

  • Aneka seafood

Makan enak dan murah bisa saja dinikmati bagi wisatawan. Labuan bajo memiliki banyak pilihan makanan khas, termasuk aneka olahan seafood. Lokasinya yang memiliki banyak pantai, membuat daerah ini dapat menghasilkan beragam hewan laut yang dapat dikonsumsi.

Bahan utamanya yang memang mudah didapatkan pun membuat harga menu seafood lebih terjangkau. Olahan seafood seperti ikan tongkol bakar bisa menjadi menu yang bisa dicoba. Wisata kuliner seafood lainnya adalah mencicipi gurame asam manis. Lebih nikmat lagi jika menyantap makanan tersebut di pinggir laut.

Itulah beberapa hal penting yang sebaiknya diketahui bagi yang memiliki rencana untuk backpacker ke labuan bajo. Wisata seru dengan budget sesuai kantong pun bisa diwujudkan.

Share agar temanmu tahu keindahan wisata ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Wisata yang lagi HITS! Coba Yuk :)

Hubungi kami dan dapatkan penawaran spesial di Komodo

Artikel Menarik Lainnya :)