Air Terjun Senaru dan Sekitarnya Yang Masih Sangat Alami

Air Terjun senaru

Yuk bantu Share keindahan pariwisata Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Berbicara mengenai wisata alam Lombok memang tidak akan ada habisnya. Seketika masih banyak lagi wisata alam yang bisa diburu. Mulai dari pantai, perbukitan, gugusan pulau kecil sampai pada pesona air yang jatuh dari atas ketinggian. Dewasa ini Air Terjun Lombok memang kerap kali menjadi perbincangan, tidak terkecuali Air Terjun Senaru.

Senaru adalah nama sebuah Desa yang ada di kecamatan Bayan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Desa ini telah menjadi objek kunjungan wisatawan karena memiliki berbagai destinasi yang bagus dan cantik. Salah satu dari destinasi wisata alam tersebut adalah Air Terjun Senaru. Dengan pemandangan yang memukau dan eksotis Air Terjun Senaru menjadi buah bibir.

Terdapat tiga Air Terjun Senaru yang bisa Anda kunjungi dan pastinya ciamik. Begitu sampai di tempat, mata akan berbinar memandang sekeliling. Bagaimana tidak ini tentang gugusan pohon serta semilir angin yang riuh menerpa dahan pohon. Siapapun seakan ingin berlama-lama di tempat ini. pesona alam yang dimiliki membuat setiap pengunjung tidak ingin beranjak. Air Terjun Senaru Lombok memang tidak boleh dilewatkan, beriku beberapa diantaranya.

Wisata Air Terjun Senaru yang Indah Nan Eksotis

  1. Air Terjun Senaru Sendang Gile
Air Terjun senaru

Sendang Gile merupakan air terjun Senaru yang memang sudah terkenal di kalangan wsatwan dari pada 2 Air terjun lainnya. Mungkin ini juga dikarenakan trekingnya yang tidak terlalu terjal dengan air terjun bertingkat. Air Terjun Sendang Gile menjulang tinggi sampai 31 m. sehingga gemericik air serta percikan airnya bisa terasa meski masih berada jauh 20 meter.

Air Terjun Sendang Gile memiliki daya tarik tersendiri yaitu berupa tebing bertingkat. Jadi air tidak langsung jatuh ke kolam yang ada di bawahnya. Tapi air dari sumber pegunungan Rinjani akan jatuh di tingkat pertama kemudian baru mengalir menuju kola yang ada di bawahnya. Airnya yang sejuk, dingin dan segar sangat cocok untuk melepas penat setelah perjalanan yang cukup jauh. Karena kolam yang cenderung datar dan tidak terlalu curam maka Sendaang Gile menjadi tempat yang aman untuk berenang serta berendam.

Menurut cerita masyarakat setempat nama Sendang Gile berawal dari perburuan singa gila yang suka merusak pemukiman. Setelah dikejar menyusuri hutan sampailah warga di sebuah air terjun yang kini dinamakan Sendang Gile atau singa gila.

  • Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun Senaru ini berlokasi tidak jauh dari Sendang Gile. Meski belum seterkenal Sendang gile, Air Terjun Tiu Kelep tetap mengundang wisatwan untuk datang loh. Bahkan air terjun yang satu ini menjatuhkan air dari ketinggian 42 meter yang mana percikan airnya bisa Anda rasakan dari jarak 100 m. Air Terjun Tiu Kelep berada di antara dua Air terjun lain Desa Senaru yang sampai kini dipercayai bahwa airnya bisa membuat awet muda.

Oleh sebab itu, wisatawan yang berkunjung kesini tidak pernah absen untuk berenang maupun hanya sekedar membasuh muka. Untuk sampai di Air Terjun Tiu Kelep anda membutuhkan usaha yang cukup besar. Sebab dari gerbang utama menuju Tiu Kelep harus dilalui dengan berjalan kaki selama 45 menit. Meski begitu, keindahan alam dari Air Terjun Tiu Kelep akan membuat Anda lupa dengan kepenatan selama perjalanan.

Air Terjun yang satu ini terletak tepat di bawah kaki Gunung Rinjani, dimana sumber Danau Segara Anak berada.

  • Air Terjun Senaru Batara Lejang

Jika Sendang Gile adalah spot air terjun yang sudah sering dikunjungi, maka Batara Lejang sebaliknya. Air Terjun yang satu ini terbilang masih sepi pengunjung, mungkin memang karena kurangnya akses menuju ke wisata yang satu ini. Padahal dari segi panorama dan kenampakan alamnya begitu menawan mata yang memandang. Apalagi dengan bebatuan kali serta tumbuhan hijau yang ada di sekelilingnya, dipastikan Anda akan betah berlama-lama di tempat ini.

Seperti air terjun sebelumnya, Batara Lejang merupakan saluran dari Segara Anakan Gunung Rinjani. Bisa dikatakan bahwa mata air disini berasal pegunungan Rinjani. Meski airnya terasa dingin segar hal ini sangat kontras dengan udara yang cenderung hangat.

Tiket masuk air Terjun Senaru

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Air Terjun Senaru di atas, tentunya ada harga tiket yang harus dibayar per orangnya. Sediakan uang sekitar Rp 10.000 untuk masuk ke Air Terjun, serta bagi Anda yang membawa kendaraan harus membayar biaya parkir senilai Rp 5000. Namun perhitugan biaya tersebut bisa saja berubah sesuai dengan ketentuan pengelola.

Agar wisata Anda terasa lebih menyenangkan, selalu bawa kamera untuk mengabadikan setiap momen yang Anda lalui di Air Terjun Senaru. Selain itu, karena letaknya yang ada di dalam hutan pastikan Anda membawa perbekalan sendiri, seperti makanan, minuman ataupun handuk untuk mengeringkan badan.

Rute menuju Air Terjun Senaru

Untuk Anda yang baru pertama kali menapakkan kaki di Lomboktentunya perlu petunjunk agar sampai di Desa Senaru. Dari Kota Mataram Anda harus menempuh perjalanan selama 2,5 jam untuk sampai di Desa Senaru. Jika menggunakan angkutan umum Anda bisa menempuh jalur yang melewati Hutan Baun Pusuk.

Jalur selanjunya untuk sampai ke Desa Senaru adalah dengan melewati Pantai Senggigi. Dimana Anda juga akan melihat indahnya Bukit Malimbu saat perjalanan. Jalur yang satu ini dinilai lebih dekat dengan Desa Senaru yaitu hanya 2 jam perjalanan saja. Selain itu, jalur Pesisir Barat ini akan menyuguhkan pemandangan menakjubkan selama perjalanan.

Selain mengunjungi Air Terjun di Lombok, Anda pun bisa melihat kegiatan warga di desa tersebut. Agar liburan Anda semakin menyenangkan akankah seru apabila dilakukan dengan orang terkasih seperti teman ataupun keluarga. Yang paling penting jangan lupa untuk membawa baju ganti agar tidak kedinginan.

Pesona dari wisata bahari memang tidak bisa diragukan lagi, sebab meski sudah pernah melihatnya Anda akan ketagihan seakan ingin selalu kembali. Selalu saja ada pemandangan menakjubkan yang disuguhkan. Di Taman Nasional Gunung Rinjani semua pemandangan bisa Anda dapatkan, mulai dari Desa wisata hingga Air Terjun.

Sebaiknya Anda tetap berhati-hati saat melewati rute ke Air Terjun. Lebih disarankan untuk berkunjung ketika musim kemarau, karena saat musim hujan jalanan yang Anda lalui akan lebih licin dan biasanya. Selain itu, apabila ingin menuju Air Terjun Anda harus menyeberangi sungai, dan rute ini tidak akan bisa dilalui apabila debit air tiba-tiba naik.

Untuk Anda yang memiliki rencana berkunjung ke Lombok, pastikan Anda mengetahui berbagai akomodasi yang tersedia. Rencanakan liburan Anda dengan matang agar lebih efisien. Air Terjun Senaru adalah sebuah tempat yang indah dan bebas polusi. Oleh sebab itu jangan mengotori apalagi berniat untuk merusak alam. Mari budayakan membuang sampah pada tempatnya agar sector pariwisata Indonesia semakin maju dan mendunia.

Share agar temanmu tahu keindahan wisata ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Wisata yang lagi HITS! Coba Yuk :)

Hubungi kami dan dapatkan penawaran spesial

Artikel Menarik Lainnya :)